Rayakan Idul Adha 1444 H, UM Metro Kurban 8 Ekor Sapi dan 4 Ekor Kambing

Rayakan Idul Adha 1444 H, UM Metro Kurban 8 Ekor Sapi dan 4 Ekor Kambing

Foto: Pembagian Daging Kurban di Kampus UM Metro-(Fenny)-

RADARMETRO - Universitas Muhammadiyah (UM) Metro laksanakan tradisi kurban dalam rangka merayakan Idul adha dengan mengorbankan 8 ekor sapi dan 3 ekor kambing pada perayaan tahun ini.

Pemotongan hewan kurban ini dilaksanakan di 3 kampus UM Metro dan dihadiri oleh para dosen, tendik, mahasiswa, dan masyarakat setempat usai menunaikan shalat idul adha di halaman kampus 3 pada Rabu, 28 Juni 2023.

Menjadi salah satu lembaga pendidikan tinggi yang berbasis Islam di wilayah ini, UM Metro secara rutin melaksanakan kurban setiap tahunnya sebagai bagian dari ibadah Idul adha.

Tradisi kurban ini bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai keagamaan, solidaritas sosial, dan pengorbanan diri dalam masyarakat kampus.

Dr. Nyoto Suseno, M.Si. selaku Rektor UM Metro menjelaskan esensi kurban dengan menukil Surah Al-Kautsar.

BACA JUGA:Sivitas Akademika UM Metro Laksanakan Sholat Idul Adha 1444 Hijriah di Halaman Kampus 3 UM Metro

“Dalam surat al-Kautsar, Allah memerintahkan manusia untuk shalat dan berkurban sebagai bentuk mensyukuri nikmat Allah. Dengan berkurban, kita dapat berbagi kebahagiaan lebih banyak kepada saudara-saudara kita dan tetangga maupun orang lain yang membutuhkan daging kurban,” terangnya.

Dalam proses pelaksanaannya, UM Metro melibatkan pihak yang berkompeten dalam menjalankan kurban sesuai dengan tuntunan syariat Islam.

Seluruh hewan kurban yang dikorbankan telah melalui proses pemotongan yang sesuai dengan standar kebersihan dan kehalalan, serta didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Dari 8 ekor sapi dan 4 ekor kambing tersebut, 4 ekor sapi dan 3 ekor kambing dipotong di halaman kampus 1, 2 ekor sapi dipotong di kampus 2, dan 2 ekor sapi serta 1 ekor kambing dipotong di kampus 3 dengan melibatkan dosen, tendik, dan mahasiswa sebagai panitia.

BACA JUGA:Bu Gundil: Cita Rasa Semur Ayam dan Jengkol Tradisional

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: