Jangkau 67 Ribu Desa, AgenBRILink Jadi Ujung Tombak Inklusi Keuangan

Jangkau 67 Ribu Desa, AgenBRILink Jadi Ujung Tombak Inklusi Keuangan

Jangkau 67 Ribu Desa, AgenBRILink Jadi Ujung Tombak Inklusi Keuangan--Dok BRI

JAKARTA, RADARMETRO.DISWAY.ID -- Di tengah derasnya arus digitalisasi layanan keuangan, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI tetap konsisten menjangkau seluruh lapisan masyarakat melalui pendekatan hybrid bank, menggabungkan teknologi digital banking dan jaringan fisik.

Salah satu ujung tombaknya adalah AgenBRILink, yang kini makin memainkan peran strategis dalam mendorong inklusi keuangan hingga ke wilayah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal).

AgenBRILink hadir sebagai solusi layanan keuangan yang menjangkau desa-desa dan komunitas yang sebelumnya belum terlayani perbankan secara optimal.

Dengan cakupan luas dan kemudahan akses, AgenBRILink menjadi garda terdepan dalam menyediakan layanan seperti tarik tunai, transfer dana, pembayaran tagihan, dan berbagai transaksi lainnya.

BACA JUGA:Dana Murah Jadi Kunci, BRI Perkokoh Struktur Pendanaan Jangka Panjang

Selama periode Januari hingga Mei 2025, AgenBRILink mencatat 443 juta transaksi, yang dilayani oleh 1,19 juta agen tersebar di lebih dari 67 ribu desa di seluruh Indonesia.

Tak hanya memperluas akses keuangan, kehadiran agen-agen ini juga berkontribusi besar terhadap pendapatan non-bunga (fee based income) BRI, yang tercatat mencapai Rp643 miliar pada periode tersebut.

Direktur Utama BRI, Hery Gunardi, menjelaskan bahwa pencapaian ini merupakan hasil dari strategi berkelanjutan BRI dalam memperkuat fondasi dan kemampuan para agen.

Salah satunya melalui peningkatan sistem dan infrastruktur digital untuk memastikan layanan yang andal, efisien, dan aman di seluruh lini jaringan keagenan.

BACA JUGA:BRI Masuk Daftar Bank Terbaik Dunia, Peringkat Teratas di Indonesia versi The Banker

“BRI akan terus memperkaya fitur layanan yang ditawarkan, sehingga para agen dapat memberikan beragam solusi keuangan kepada masyarakat. Selain tarik tunai, transfer, pembayaran tagihan. Pembelian asuransi mikro, setoran pinjaman, layanan referral pembukaan rekening tabungan dan layanan mikrofinansial lainnya dapat terlayani oleh AgenBRILink,” ujar Hery. 

Adapun, dengan strategi yang matang dan eksekusi yang konsisten, BRI optimistis AgenBRILink dapat menciptakan peluang usaha bagi masyarakat setempat.

Bahkan, ke depan AgenBRILink akan terus menjadi penggerak ekonomi daerah sekaligus mendorong literasi dan inklusi keuangan di seluruh Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: