Sebanyak 75 Perusahaan Swasta Tawarkan Pekerjaan di Job Fair UM Metro 2023

Sebanyak 75 Perusahaan Swasta Tawarkan Pekerjaan di Job Fair UM Metro 2023

Foto: Terlihat antusiasme pengunjung dalam gelaran Job Fair Universitas Muhammadiyah (UM) Metro tahun 2023 dengan menghadirkan 75 perusahaan secara hybrid yang menawarkan lowongan pekerjaan dan magang.-(MH Naim)-

RADARMETRO - Universitas Muhammadiyah (UM) Metro sukses menggelar Job Fair 2023 dengan menghadirkan 75 perusahaan swasta secara hybrid dalam menyediakan lebih dari 100 peluang pekerjaan dan magang.

Gelaran yang berlangsung di Aula Kampus 1 UM Metro pada Kamis, (6/7/2023) turut menyedot perhatian ribuan pengunjung, mulai dari kalangan mahasiswa dan alumni UM Metro hingga masyarakat umum.

Rektor UM Metro, Nyoto Suseno menuturkan Job Fair 2023 merupakan kali pertama kolaborasi antara perguruan tinggi perguruan tinggi dengan perusahaan dalam menghadirkan lapangan pekerjaan.

“Iya ini pertama kali, saya kira ini butuh lebih diupayakan lagi ke depannya,” ujarnya.

Ia mengungkapkan munculnya ide Job Fair UM Metro berawal dari temuan adanya disrupsi antara dunia pendidikan di perguruan tinggi dengan ketersediaan lapangan pekerjaan. 

Disrupsi dapat diartikan sebagai suatu fenomena ketika terjadi perubahan atau lompatan besar yang menyebabkan seluruh tatanannya berubah.

“Apa lagi zaman sekarang ini disrupsi yang luar biasa. Yang diajarkan apa, enggak tahunya yang dibutuhkan di lapangan pekerjaan itu apa, ini satu upaya untuk menyambungkan antara pendidikan dengan lapangan pekerjaan” ungkapnya.

Dijelaskannya temuan tersebut dikemukakan oleh unit Pusat Karir dan Inkubator Bisnis UM Metro dan membuahkan inovasi kegiatan bernama Job Fair 2023 dengan menghadirkan lowongan pekerjaan dan magang bagi mahasiswa dan alumni UM Metro.

BACA JUGA:Pascasarjana UM Metro Lakukan Penandatanganan Kerja Sama dengan FKIP Universitas Veteran Bantara

“Selama ini kita (UM Metro) seolah-olah tidak bertanggung jawab terhadap alumninya, maka ini salah satu upaya supaya nanti alumni bisa berkarya di dunia kerja,” jelasnya.

Rektor UM Metro memastikan Job Fair akan kembali dilaksanakan setiap tahunnya sembari berharap Pemerintah Kota Metro dapat mengambil bagian dengan tujuan utama menangani pengangguran di masyarakat.

“Kita inginya kedepan seperti itu mudah-mudahan Kota Metro mendukung ini dan tidak hanya kita (UM Metro), saya kira ini masalah kita semua, masalah dunia kerja, masalah reaksi,” tegasnya.

Di sisi lain, Kepala Pusat Karir dan Inkubator Bisnis UM Metro, Karnila Ali mengatakan kegiatan Job Fair 2023 berlangsung secara hybrid dengan menghadirkan 75 perusahaan. 

“Job Fair ini mengadakan 25 perusahaan offline dan 50 perusahaan online, perusahaan lokal dan nasional yang menyediakan lebih dari 100 lowongan pekerjaan,” bebernya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: