Pelantikan Kepala Disdukcapil, Pemkot Metro Tunggu Persetujuan Mendagri

Pelantikan Kepala Disdukcapil, Pemkot Metro Tunggu Persetujuan Mendagri

Foto: Wakil Walikota Metro Qomaru Zaman memberikan ucapan terima kasih atas pengabdian Kepala Disdukcapil Maria Fitri Jaya Singa usai melaksanakan kegiatan apel pagi di halaman Kantor Walikota, Senin (20/3/2023).-(Ria Riski A.P)-

RADARMETRO - Pemerintah Kota Metro masih menunggu surat persetujuan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Ini menyusul rencana pelantikan Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Metro. 

Diketahui Kepala Disdukcapil Metro Maria Fitri Jaya Singa telah memasuki masa pensiun tepat pada 1 April 2023 mendatang. Bahkan usai melaksanakan apel pagi, Pemkot Metro telah memberikan penghargaan kepada Maria Fitri Jaya Singa atas pengabdiannya selama ini kepada negara. 

Dikonfirmasi awak media, Sekda Kota Metro mengaku telah mengirimkan nama-nama terbaik hasil selter JPTP Kepala Disdukcapil ke Mendagri. Namun sampai saat ini pihaknya masih menunggu surat persetujuan tersebut. 

"Untuk namanya sudah dikirim. Mudah-mudahan untuk ASN sudah mendapatkan informasi, bisa dilantik kita lantik. Masa pensiunnya 1 April," terangnya, Senin (20/3/2023). 

BACA JUGA:Ramadan, Pemkot Metro Bakal Atur Jam Operasional Tempat Hiburan

Menurutnya, jika nantinya tepat pada 1 April persetujuan tersebut belum turun, maka pihaknya akan menunjuk Pelaksana Tugas (Plt). Terlebih khusus untuk jabatan Kepala Disdukcapil tersebut harus mendapatkan rekomendasi dari Mendagri. 

"Nanti kalau belum ada ini ya. Kan harus ada persetujuan dari Menteri Dalam Negeri. Jadi Kepala Disdukcapil harus ada rekomendasi dari Menteri Dalam Negeri. Kalau belum turun kita Plt kan dulu," ungkapnya. 

Lebih lanjut, Bangkit mengaku, seleksi terbuka (Selter) JPTP Kepala Dinas Sosial (Disos) juga akan segera dibuka. Ini mengingat berpindahnya Kepala Disos menduduki jabatan fungsional. 

"Untuk inas sosial sebentar lagi lah. Kalau ini sudah beres, baru segera diisi," katanya. 

Diketahui, Pemkot Metro telah melaksanakan seleksi terbuka (Selter) JPTP jabatan Kepala Disdukcapil pada Oktober 2022 lalu. Selter JPTP Kepala Disdukcapil dibuka bersamaan dengan 6 JPTP lainnya yakni Kasat Pol PP, Kepala BPPRD, Kepala DLH, Kepala DPUTR, Kepala Dishub, dan Kepala DP3AP2KB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: