Kapal Terbalik di Danau Laguna Filipina, 23 Penumpang Tewas dan 6 Hilang

Kapal Terbalik di Danau Laguna Filipina, 23 Penumpang Tewas dan 6 Hilang

Foto: Ilustrasi--

RADARMETRO - Sebuah kapal penumpang terbalik di sebuah danau dekat ibu kota Filipina. Peristiwa itu menewaskan 23 orang penumpang kapal dan enam penumpang lainnya dilaporkan hilang.

Dilansir AFP, Jumat (28/7/2023), kecelakaan itu terjadi pada Kamis (27/7) sore waktu setempat di Danau Laguna, dekat Manila, beberapa jam setelah Topan Doksuri menyapu Filipina utara.

"Beberapa orang yang selamat memohon kepada kami untuk menyelamatkan mereka yang terjebak di bawah kapal," kata warga Monica de la Cruz, yang menyaksikan upaya penyelamatan di lepas kota Binangonan, kepada AFP.

Cruz mengatakan kecelakaan itu terjadi setelah gelombang besar dan hujan disertai angin kencang terjadi secara tiba-tiba. Insiden itu membuat penduduk setempat ketakutan untuk membantu, karena khawatir ikut terseret juga.

BACA JUGA:KPU Lampung : Progres Verifikasi Perbaikan Berkas Bacaleg Capai 75 Persen

"Cadik kayu menghadapi angin kencang yang membuat semua penumpang panik dan bergerak ke satu sisi kapal," kata penjaga pantai dalam sebuah pernyataan.

Juru bicara penjaga pantai Laksamana Muda Armando Balilo mengatakan perahu itu memiliki izin untuk berlayar. Kapal penumpang itu melakukan perjalanan reguler dari Pelabuhan Binangonan ke pulau Talim di tengah danau.

Petugas penyelamat, Kenneth Cirados, menyebut timnya telah mengevakuasi 23 mayat dari air dan ada 40 orang yang selamat. Sementara itu, masih ada enam orang penumpang yang hilang dan pencarian akan dilanjutkan hari Jumat.

Saat malam tiba, tim penyelamat telah memperbaiki perahu dan menyeretnya ke dekat pantai. Kargo sepeda motor yang rusak dan potongan terpal yang kotor tersampir di atasnya.

BACA JUGA:Kepolisian Tidak Temukan Kejanggalan Anak Tenggelam di Kolam Renang Punggur

"Kapal tenggelam di depan kami saat dalam perjalanan pulang ke pulau," kata warga Binangonan, Frederic Sison, yang sedang berdiri di pelabuhan Kalinawan saat kejadian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: