Waspada Serangan PMK pada Kambing dan Domba, DKP3 Lakukan Vaksinasi

Waspada Serangan PMK pada Kambing dan Domba, DKP3 Lakukan Vaksinasi

Foto : Petugas DKP3 Kota Metro melakukan vaksinasi PMK pada hewan ternak jenis kambing dan domba dk kpta setempat. (Sumber foto : DKP3 Kota Metro)- (DKP3 Kota Metro)-

Ia menjelaskan, hingga saat ini pihaknya masih turun melakukan perawatan tersebut sejumlah sapi yang masih sakit. Kemudian melakukan vaksinasi sesuai dengan alokasi vaksin dari pusat. 

"Stok vaksin LSD sesuai dengan jatah dari pemerintah pusat ada 2.000 ekor. Selama ini semua vaksin sudah diberikan ke sapi," jelasnya. 

Menurutnya, upaya pengobatan terus dilakukan sampai sapi tersebut dinyatakan sembuh. Terlebih sapi yang telah terpapar LSD tersebut akan dinyatakan sembuh jika sudah melewati masa inkubasi selama 29 hari. 

"Pengecekan dan tindakan pengobatan terus dilakukan sampai dengan dinyatakan negatif atau sembuh oleh Balai Veteriner. Kita hanya melakukan identifikasi dan penjelasan ke kelompok serta vaksinasi," ujarnya. 

BACA JUGA:Sebanyak 19 Pelajar Terjaring Razia Satpol-PP Kota Metro

Diakuinya pencegahan penyakit LSD tersebut dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan kandang. Karenanya pihaknya mengimbau agar peternak menyemprot disinfektan di kadang ternak. 

"Untuk di sekitar kandang itu dilakukan diinfektan dan dibersihkan kandang-kandang. Jadi vektor penular penyakit ini mati," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: