Satu Jemaah Haji Masih Hilang di Tanah Suci, Menag: Terus Cari

Satu Jemaah Haji Masih Hilang di Tanah Suci, Menag: Terus Cari

Foto: Ilustrasi--

RADARMETRO - Sampai berakhirnya operasional haji tahun 1444 H/2023 M, satu jemaah haji asal Indonesia masih dinyatakan hilang dan belum diketemukan.

Jemaah hilang yang belum ditemukan ini diketahui bernama Idun Rohim Zen (87), asal kloter 20 Embarkasi Palembang (PLM 20). Ia dilaporkan hilang pasca puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armina).

Menanggapi hal tersebut Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan proses pencarian masih terus dilakukan meskipun secara teknis operasional haji telah selesai.

"Kita sudah minta KUH (Kantor Urusan Haji) untuk berkoordinasi pihak berwajib, kepolisian di sana dan SAR-nya Saudi untuk terus mencari," ujar Yaqut

Saat memberikan Closing Statement MCH dan Operasional Haji Tahun 2023 di Bandara Soetta, Banten, yang turut disiarkan secara daring melalui YouTube Kemenag RI, Sabtu (5/8/2023).

Yaqut yang biasa disapa Gus Men menuturkan pencarian akan dihentikan apabila sudah ada keputusan dari tim haji Indonesia dan otoritas berwenang Arab Saudi  untuk menghentikan proses pencarian tersebut.

BACA JUGA:Yaqut Instruksikan Pencarian Satu Jemaah yang Hilang Dilakukan Tanpa Batas Waktu

"Saya minta ini didiskusikan batas waktunya sampai kapan, di antara mereka, di antara tim kita, kantor urusan haji kami yang ada di Saudi dengan pihak kepolisian dan pihak SAR Saudi Arabia, waktu pencarian itu kalau menurut mereka itu berapa lama, nah itu yang kita diskusikan," ujarnya.

Gus Men menjelaskan nantinya setelah ada kesepakatan terkait batas waktu pencarian baru nanti akan diputuskan nasib jemaah yang hilang tersebut.

"Nah, setelah itu akan kita putuskan bagaimana kondisi satu jemaah yang masih belum ketemu ini," tambahnya.

Sebelumnya terdapat delapan jemaah haji asal Indonesia yang dinyatakan hilang selain Idun, namun tujuh orang lainnya berhasil diketemukan baik dalam keadaan hidup maupun telah wafat.

Sementara itu sampai berakhirnya masa operasional haji, Sabtu 5 Agustus 2023 kemarin Kementerian Agama (Kemenag) melaporkan jumlah jemaah haji asal Indonesia yang wafat tercatat sebanyak 773 jemaah.

Sedangkan 77 orang jemaah lainnya masih tinggal di Arab Saudi karena masih dalam perawatan di sejumlah rumah sakit (RS) setempat.

BACA JUGA:Empat Hari Hilang, Ternyata Jemaah Haji Asal Lampung Jadi Korban Hipnotis di Arab Saudi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: