DLH Lampura Ajak Masyarakat Tidak Lagi Buang Sampah Sembarangan

DLH Lampura Ajak Masyarakat Tidak Lagi Buang Sampah Sembarangan

FOTO: KUMUH: Salah satu lokasi di wilayah Kabupaten Lampung Utara tampak kumuh, lantaran kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya, masih cukup rendah.-(Nara J Afkar)-

RADARMETRO - Persoalan sampah di Lampung Utara masih menjadi momok yang seperti tak kunjung pergi dari benak publik setempat.

Perhatian serius Pemkab setempat terhadap penanggulangan sampah di Bumi Ragem Tunas Lampung selalu terganjal oleh ulah oknum tak bertanggung jawab yang masih membuang sampah sembarangan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lampura melalui Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3, Agus Jayastika menjelaskan pihaknya selalu melakukan pengangkutan sampah dua kali setiap harinya.

Dimulai dari Shubuh, pasukan orange bekerja mengangkut sampah sampai siang hari, kemudian dilanjutkan pada sore hari hingga selesai.

"Tim kita bekerja dilapangan bisa dikatakan sudah sangat-sangat maksimal.

Dari Shubuh sudah keluar, istirahat siang, kemudian lanjut lagi dari jam tiga sore, bahkan bisa sampai malam selesainya. Begitu berulang-ulang setiap harinya," ujar Agus, saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Kamis, (10/08/2023).

Masih kata dia, walaupun sudah bekerja maksimal membersihkan tumpukan sampah di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) diberbagai titik lokasi, masih saja muncul tumpukan sampah diberbagai titik yang menjadi TPS bayangan.

BACA JUGA:Pasar Murah 6 Kecamatan, Hendra Jaya : Semarakkan HUT ke-78 RI dan Jaga Stabilitas Harga Sembako

Tumpukan sampah diluar TPS yang selalu jadi pergunjingan selalu diupayakan diangkut dan dibersihkan. Namun masih saja ada oknum tak bertanggung jawab yang kembali membuang sampah disana.

"Sampah yang menumpuk diluar TPS resmi itu selalu jadi momok dan pergunjingan di masyarakat. Bukan kita tidak bekerja, oknum yang belum sadar akan kelestarian lingkungan terus saja membuang sampahnya disana.

Sudah kita angkut, masih dibuang disana lagi," bebernya.

Ia menambahkan, sebanyak apapun tumpukan sampah yang dibuang oleh masyarakat di TPS resmi atau terdaftar di DLH pasti akan diangkut.

"Kalau buangnya di TPS resmi, mau sebanyak apapun pasti kita angkut dan bersihkan. Jadi masyarakat jangan khawatir," imbuhnya.

Pihaknya menghimbau agar masyarakat merubah pola fikir soal membuang sampah sembarangan yang dampaknya akan merusak lingkungan dan pada akhirnya akan berpengaruh terhadap kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: