Lingkaran Hedonisme Generasi Z Di Era Digital

Lingkaran Hedonisme Generasi Z Di Era Digital

Foto: Ilustrasi-(Istimewa)-

Oleh : Mila Martina 

Mahasiswi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-Universitas Jambi

Belakangan ini isu hedonisme sedang maraknya terjadi dikalangan masyarakat. Salah satu yang menjadi sorotan ialah gaya hidup konsumtif dan foya-foya.Pamer kekayaan tidak hanya terjadi dikalangan masyarakat menengah keatas saja, tetapi juga masyarakat menengah kebawah. Bahkan yang menjadi topik utama yaitu terjadi dikalangan pejabat instansi pemerintah yang berujung pencopotan jabatan atau dinonaktifkan.

Perkembangan teknologi saat ini sangat berpengaruh terhadap perubahan sosial masyarakat khususnya kalangan remaja. Kondisi ini memunculkan perubahan perilaku yang berpengaruh langsung terhadap pembentukan karakter generasi z di zaman sekarang. Banyak ditemukan remaja berprilaku hedonisme di era digital ini. Hedonisme yang terjadi pada remaja merupakan ekspresi atau prilaku yang dimiliki oleh remaja untuk mencoba hal baru, dan lebih mementingkan kesenangan dari pada melakukan hal yang postif.

Dikutip dari media.neliti.com gaya hidup hedonisme merupakan gaya hidup yang memilki daya tarik bagi remaja. Nadzir dan Ingarianti mengungkapkan bahwa gaya hidup hedonis merupakan suatu pola hidup seseorang yang melakukan aktivitasnya untuk mencari kesenangan hidup, menghabiskan waktunya di luar rumah untuk bersenang-senang dengan temannya, gemar membeli barang yang tidak dibutuhkan, serta selalu ingin menjadi pusat perhatian di lingkungan sekitarnya.

Secara garis besar, gaya hidup hedonisme dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Mengutip dari jurnal Psikopedagogia, faktor yang mempengaruhi munculnya sikap hedonisme: 1) faktor internal yaitu faktor yang berasal dari dalam diri individu yang didasarkan pada keyakinan diri sendiri untuk bergaya hidup sesuai keinginannya. Sikap dan anggapan bahwa seseorang harus menunjukkan kemewahan, kemegahan, dan senang menjadi pusat perhatian. 2) faktor eskternal ialah penyebab hedonisme yang berasal dari luar. Pengaruh lingkungan secara langsung atau tidak langsung bisa menyebabkan seseorang menjalani gaya hidup hedonis.

Ciri-ciri orang yang memiliki sifat hedonisme, diantaranya:

1. Kebahagiaan pribadi tujuan utama

Menginginkan sesuatu yang lebih, merasa tidak puas dengan apa yang dimiliki dan membandingkan dengan apa yang dimiliki orang lain merupakan prilaku yang menunjukkan sifat hedonisme. Mereka percaya bahwa kebahagiaan pribadi tanpa memikirkan sekitarnya adalah tujuan yang harus dimiliki diri sendiri.

BACA JUGA:PLN Tebang Pilih Lakukan Opal PJU Suka Agung, Bagaimana dengan Listrik di Kawasan Register 45?

2. Menghabiskan waktu untuk kegiatan yang sia-sia

Prilaku hedonisme tidak hanya berkaitan dengan kebiasaan membeli barang atau membelanjakan sesuatu secara cuma-cuma. Gaya hidup satu ini, juga identik membuang waktu dengan hal yang tidak bermanfaat. Mereka yang menghabiskan waktu untuk memuaskan keinginan pribadi, seperti bermalas-malasan, maupun belanja keperluan yang bukan menjadi kebutuhan.

3. Konsumtif

Gemar berbelanja barang-barang yang tidak dibutuhkan,membeli dengan alasan mengikuti trend terkini menunjukkan orang tersebut berprilaku konsumtif. Bagi mereka memiliki banyak barang dan mempunyai banyak kenikmatan adalah cara untuk mencapai kebahagiaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: