3 Resiko Jika Gagal Bayar Pinjol Legal, Nomor Terakhir Bikin Pusing!

3 Resiko Jika Gagal Bayar Pinjol Legal, Nomor Terakhir Bikin Pusing!

Foto: Ilustrasi --

RADARMETRO - Maraknya pengajuan pinjaman uang melalui aplikasi pinjaman online (pinjol) telah menjadi fenomena tersendiri ditengah masyarakat.

Prosedur dan syarat pengajuan pinjaman yang mudah serta proses pencairan cepat, menjadikan pinjol sebagai primadona masyarakat dalam mencari solusi keuangan.

Tapi, setelah melakukan pinjaman di pinjol baik itu yang legal maupun ilegal, kebanyakan dari masyarakat yang menjadi nasabah dari perusahaan penyedia pinjaman online (fintech) ini kesulitan membayar bahkan banyak pula yang gagal bayar atau galbay.

Nasabah yang mengalami kesulitan membayar maupun yang galbay tentunya akan mengalami kerugian tersendiri untuk dirinya. Bahkan ada sejumlah resiko yang musti dihadapi oleh nasabah galbay ini.

Apa saja resiko galbay pinjol legal yang harus dihadapi nasabah? Mengutip dari laman itb-ad.ac.id, Jumat (11/8/2023), berikut ulasannya.

1. Masuk Dalam Daftar Blacklist SLIK OJK

Dalam tahap pengajuan pinjaman semua aplikasi pinjol pasti akan meminta nasabah mengisi data identitas pribadi.

Hal itu bertujuan agar perusahaan fintech dapat mengetahui identitas diri nasabah, seperti nama lengkap, nama orang tua dalam hal ini ibu, alamat rumah, pekerjaan, alamat kantor, nomor kontak darurat atau orang terdekat dan lain sebagainya.

BACA JUGA:Galgal Bayar Pinjol? Lakukan Cara Aman Ini Agar Bebas Dari Teror Tagihan

Jika nasabah tidak mampu melunasi pinjaman, maka harus siap-siap perusahaan fintech yang bersangkutan akan memasukan nama Anda ke daftar blacklist atau daftar hitam OJK.

Jika data pribadi anda masuk daftar blacklist maka anda tidak dapat melakukan pinjaman kembali.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk selalu menjaga skor kredit agar senantiasa positif dengan cara membayar tagihan dari pinjaman jenis apapun tepat waktu.

2. Denda serta Beban Bunga Terus Menumpuk

Konsekuensi yang satu ini pasti sudah banyak yang tahu. Anda harus siap dengan beban bunga yang semakin bertambah jika Anda terlambat melunasi pinjaman Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: