Antisipasi Dampak El Nino, Pemkot Metro Pantau Kebutuhan Air Pertanian

Antisipasi Dampak El Nino, Pemkot Metro Pantau Kebutuhan Air Pertanian

FOTO : Walikota Metro Wahdi mengaku belum mendapatkan laporan adanya bahwa dampak fenomena El Nino di Kota Metro.-(Ria Riski A.P)-

RADARMETRO - Pemerintah Kota Metro terus melakukan antisipasi dampak fenomena El Nino terhadap lahan pertanian di kota setempat. antisipasi dilakukan dengan memantau ketersediaan air pada sejumlah lahan pertanian

Demikian disampaikan Walikota Metro Wahdi dikonfirmasi awak media, Selasa (29/8/2023). Ia mengatakan, dampak fenomena El Nino diperlukan sejumlah langkah antisipasi. Ini terutama pada ketahanan pangan di kota setempat. 

"Iya, salah satu ketahanan pangan. Ya tentu pertama kali kita selalu melihat perubahan iklim yang ada," terangnya. 

Wahdi menyebut untuk di Kota Metro memiliki luas lahan pertanian yang cukup besar. Ini termasuk luas lahan yang ditambah dengan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B). 

"Kemarin kita sudah melihat seberapa jauh dampak (El Nino pada produksi pertanian). Karena kita punya LP2B seluas 1.567 untuk luas lahan pertanian berkelanjutan," jelasnya. 

BACA JUGA:Waspada Dampak El Nino, Pemkot Metro Kebut Perbaikan Irigasi

Karenanya diakui Wahdi kebutuhan air juga harus dijaga. Terutama air pada saluran irigasi teknis yang dibutuhkan oleh petani di kota sempat. "Kita tergantung dari irigasi teknis, tentu nantinya akan kita lihat," ujarnya. 

Meski demikian Wahdi mengakui untuk di Kota Metro fenomena El Nino belum berdampak besar. Menurutnya, hingga kini ia belum mendapatkan laporan daerah yang terdampak kekeringan

"Untuk di Metro, alhamdulillah belum ada laporan kekeringan. Dari jumlah hasil pertanian kita sampai saat ini itu satu hektar kita masih menghasilkan 5,6 ton. Jadi belum, tapi tetap akan kita lakukan antisipasi," jelasnya. 

Sebelumnya, Walikota Metro Wahdi melakukan koordinasi bersama Komandan Kodim 0411 Lampung Tengah dalam mengantisipasi dampak fenomena El Nino di kota setempat. koordinasi dilakukan dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan di Bumi Sai Wawai. 

Ia mengatakan, dalam kunjungan tersebut dibahas dalam peningkatan ekonomi. Termasuk juga menjaga ketersediaan air. 

BACA JUGA:Dampak El Nino, DKP3 Sebut Stok Padi di Metro Aman

"Membangun Kota Metro, tentu juga upaya-upaya lainnya bagaimana menjaga kondusifitas Kota Metro. Kita juga berbicara juga dalam peningkatan ekonomi. Termasuk juga menjaga salah satunya ada sungai-sungai kita, ya tentunya sumber air itu harus dipertahankan," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: