Dampak El Nino Harga Bapok di Metro Naik, Pemkot Gelar Bazar Murah

Dampak El Nino Harga Bapok di Metro Naik, Pemkot Gelar Bazar Murah

Foto: Semarak Bazar Dinas Perdagangan Kota Metro -(Ria Riski A.P)-

RADARMETRO - Dampak fenomena El Nino mulai dirasakan bagi sejumlah masyarakat di Kota Metro. Ini menyusul naiknya sejumlah harga bahan pokok (Bapok) di kota setempat.

Pantauan di lapangan kenaikan harga bapok terjadi pada komiditas beras, daging ayam dan cabai merah. Di mana untuk beras medium mengalami kenaikan sebesar Rp571 per kg dari Rp.11.929 menjadi Rp.12.500 per kg.

Kondisi serupa juga terjadi pada komiditas beras premium dari harga Rp.13.200 per kg menjadi Rp.13.500 per kg.

Dalam mengantisipasi tersebut, Pemkot Metro menggelar kegiatan Semarak Bazar Pasar Murah di Lantai Dua Pasar Cendrawasih, Kota Metro, Kamis (31/8/2023).

Assisten II Setda Kota Metro, Yeri Ehwan, mengatakan kenaikan harga tersebut terjadi lantaran berkurangnya pasokan akibat dampak fenomena El Nino. Karena itu untuk menyiasati kenaikan tersebut Pemerintah Kota (Pemkot) Metro melalui Dinas  Perdagangan (Disdag) menggelar Bazar Pasar Murah.

"Iya, yang terdampak langsung El Nino sepertinya harga beras. Karena terkait dengan hasil panen masyarakat tidak maksimal," ujarnya. 

Menurutnya, kondisi tersebut juga terjadi karena pasokan ke masyarakat yang sedikit berkurang lantaran. Ini lantaran banyaknya permintaan di luar Lampung sehingga menyebabkan kenaikan harga. 

"Jadi bazar pangan murah ini minggu ke-4 yang digelar Dinas Perdagangan. Tujuannya untuk memberikan kesempatan bagi warga terutama yang berpenghasilan rendah untuk mendapatkan sembako dengan harga  terjangkau," katanya.


Foto: Bazar Pasar Murah -(Ria Riski A.P)-

BACA JUGA:Antisipasi Dampak El Nino, Pemkot Metro Pantau Kebutuhan Air Pertanian

Karenanya dalam kegiatan tersebut  pihaknya menggandeng sejumlah pengusaha dan Bulog untuk menjual  produk pangan dengan harga distributor. Ini termasuk memberikan kesempatan kepada pengusaha yang memiliki kios maupun warung sembako untuk bermitra dengan Bulog

"Jadi ada beberapa komoditas pangan yang semuanya dijual dengan harga di bawah harga pasaran. Kita juga gandeng Bulog dan mitra kerjanya untuk menjualkan beras dengan harga standar dan lebih rendah dari harga pasar," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Disdag Kota Metro, Elmanani mengakui bahwa kegiatan bazar tersebut tersebut digelar sebagai tindak lanjut dampak fenomena El Nino. 

"Iya betul dan bentuk antisipasi kita. Karena kita selalu berupaya menjaga stabilisasi harga-harga agar masyarakat mudah menjangkaunya. Ketika beberapa harga bahan pokok naik, kita turun," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: