Waspada Penyebaran Penyakit Rabies, DKP3 Gerak Cepat Vaksinasi 3 Kelurahan

Waspada Penyebaran Penyakit Rabies, DKP3 Gerak Cepat Vaksinasi 3 Kelurahan

Foto : DKP3 Kota Metro menerjunkan tim untuk melakukan vaksinasi rabies di 3 kelurahan di Metro. Ini menyusul temuan penyakit rabies di wilayah perbatasan Kota Metro dengan Lamteng. -(Sumber foto DKP3 Kota Metro)-

RADARMETRO - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Metro mulai melakukan langkah cepat dalam mengantisipasi penyebaran penyakit rabies di kota setempat.

Ini menyusul ditemukannya kasus rabies di wilayah Lampung Tengah (Lamteng) yang lokasinya berada berbatasan dengan Kelurahan Ganjarasri, Kecamatan Metro Barat. 

Dikonfirmasi radrametro.disway.id, Kepala DKP3 Kota Metro Herry Wiratno melalui Kabid Peternakan Lina Oktira menjelaskan, vaksinasi rabies kali ini dipercepat lantaran ada penemuan kasus rabies di wilayah Lamteng. Lokasi penemuan kasus tersebut tepatnya berada di perbatasan Kota Metro. 

"Karena ada kasus rabies di Bedeng 20 Purwodadi, jadi untuk membarrier atau memagari, maka didahulukan ke 3 kelurahan tersebut," jelasnya, Jumat (8/9/2023). 


Foto: DKP3 Gerak Cepat Vaksinasi 3 Kelurahan-(Ria Riski A.P)-

BACA JUGA:Resiko Kematian Tinggi, Segera Lakukan Ini Jika Tergigit Hewan Rabies

Menurutnya, sesuai jadwal vaksinasi rabies baru akan dilaksanakan mulai 18 September mendatang. Namun karena ada kasus tersebut, maka  vaksinasi dilakukan di 3 kelurahan yang lokasinya berbatasan dengan wilayah Lamteng. 

"Seharusnya sesuai jadwal Surat Perintah Tugas (SPT) Bapak Sekda kita mulai tanggal 18 September. Jadi kelurahan selain 3 kelurahan tersebut mulainya tanggal 18 September," terangnya. 

Lebih lanjut, Lina mengatakan untuk vaksinasi kucing dilakukan dengan mengumpulkan pada satu lokasi di kelurahan. Sedangkan untuk anjing dan kera akan didatangi ke masing-masing pemiliknya. 

"Untuk vaksinasi kucing kita lakukan di kelurahan. Sedangkan untuk anjing dan kera kita datengi ke rumahnya," ujarnya. 

Ditanya mengenai kasus rabies di Metro, Lina mengaku hingga kini belum ditemukan kasus rabies di Kota Metro. Meski demikian langkah antisipasi terus dilakukan dengan vaksinasi rabies pada hewan peliharaan

Ia menambahkan, dalam kegiatan vaksinasi rabies tersebut pihaknya menyiapkan sebanyak 2.050 dosis vaksin. Nantinya vaksin tersebut akan diberikan pada hewan peliharaan seperti anjing, kucing dan kera. 

BACA JUGA:Waspada! Masyarakat Diimbau Segera ke Faskes Jika Tergigit Hewan Rabies

"Kalu untuk dosis yang kita siapkan ada 2.050 dosis. Untuk kasusn rabies di Metro sampai saat ini belum ada, dan semoga tidak ada," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: