Pekan Kebudayaan Daerah Lampung 2023 Mengusung Tema Bumi Gham, Budayo Gham

Pekan Kebudayaan Daerah Lampung 2023 Mengusung Tema Bumi Gham, Budayo Gham

Foto: Flyer kegiatan yang akan berlangsung yakni PKD Lampung 2023-(Istimewa)-

RADARMETRO - Dewan Kesenian Lampung (DKL)  dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung akan menggelar Pekan Kebudayaan Daerah (PKD).

Helat akbar kebudayaan ini akan berlangsung dari 25 September 2023 – 28 September 2023  mendatang. 

Kegiatan PKD ini sudah yang kedua tahun, dan akan terus berlangsung setiap tahun.

Ketua Dewan Kesenian Lampung Prof. Satria Bangsawan meminta adanya keterlibatan seniman dan budayawan yang ada di kabupaten/kota di Provinsi Lampung untuk turut berpartisipasi. 

Diharapkan dengan tampilnya mereka dalam ajang PKD ini selain mewarnai helat akbar kesenian Lampung, masyarakat jadi tahu dan bisa menikmati keragaman budaya Lampung yang dicintai ini.

“PKD ini juga menjadi salah satu pengejewantahan salah satu tugas dan fungsi Dewan Kesenian Lampung sebagai katalisator dan fasilitator seluruh seniman yang ada di Provinsi Lampung. PKD ini ajang pesta seni daerah Lampung,” ucap Satria Bangsawan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Sulpakar mengatakan, kegiatan  PKD kali ini mengusung tajuk “Bumi Gham, Budayo Gham ”. 

Sedangkan rangkaian kegiatan kesenian yang terbuka untuk umum ini bakal ditata di Pasar Kreatif dan Gedung Dewan Kesenian Lampung dan sekitarnya.

BACA JUGA:Reka Ulang Pembunuhan ODGJ di Pringsewu, Tersangka Perankan 25 Adegan

Mudah-mudahan kegiatan PKD ini akan menjadi pemantik kreativitas dan semangat berkesenian para seniman dan budayawan dalam menggali Potensi kearifan lokal sesuai dengan undang-undang Pemajuan Kebudayaan Nomor 5 Tahun 2017.

Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan Provinsi Lampung Heni Astuti menambahkan, dalam PKD ini akan digelar berbagai acara, seperti workshop penulisan artikel seni dan budaya oleh Iswadi Pratama untuk memberi pelatihan menulis bagi seniman dan wawasan seni budaya bagi jurnalis, serta kehadiran Eko Pece, tokoh tari nasional yang sudah go internasional

"Ngobrol asik bersama Eko Pece, wayang sekelik, demo sulam tapis, tari tradisional, musik tradisional, belajar cawa Lampung, pameran lukisan, dan film daerah. Gelaran PKD ini juga akan dimeriahkan dengan berbagai lomba seni," ujarnya. 

Sementara itu, Ketua Akademi Lampung Anshori Djausal berharap kegiatan Pekan Kebudayaan Daerah Lampung 2023 bisa menjadi ajang kegiatan memajukan kebudayaan di Lampung dengan membuka kesempatan seluasnya bagi masyarakat Lampung dan terlibat dalam berbagai kegiatan seni budaya.

BACA JUGA:Gubernur Lampung Berikan Arahan ke Bupati/Walikota Terkait Dampak El Nino

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: