Adopsi Keamanan dari Jepang, Polisi RW Dimunculkan di Indonesia

Adopsi Keamanan dari Jepang, Polisi RW Dimunculkan di Indonesia

Foto: Polisi RW akan bertugas lebih dekat kepada masyarakat untuk memberikan pelayanan optimal mengenai keamanan dan ketertiban.-(MH Naim)-

RADARMETRO – Berkaca dengan Jepang, Polisi Rukun Warga alias Polisi RW dimunculkan oleh Kepolisisan Negara Republik Indonesia (Polri) untuk memberikan respon cepat kepada masyarakat. 

Jepang dengan unit terkecil kepolisian yang disebut Polisi Koban menjadi salah satu wilayah dengan tingkat kriminal terendah di dunia.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berencana menempatkan anggota polisi di tiap-tiap RW untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

“Ketika ada masalah maka polisi yang berada di tingkat RW ini bisa melanjutkan, apakah ini akan diselesaikan di tingkat Polsek, Polres, ataukah di Polda,” ujar Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo seperti keterangannya dilihat dari kompas.com, Sabtu (8/4/2023).

Keberadaan Polisi RW dipertegas oleh Lembaga Kajian Strategis Kepolisian (Lemkapi). Program satu polisi untuk rukun warga (Polisi RW) akan memberikan respon lebih cepat terkait permasalahan keamanan dan ketertiban di masyarakat (Kamtibmas).

"Penerapan polisi RW yang digagas Kapolri adalah pemikiran maju menuju polisi modern," ujar Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian (Lemkapi) Edi Hasibuan.

BACA JUGA:Dana FIFA Forward Untuk Indonesia Dibekukan, Segini Nilainya

Edi mengatakan konsep sistem keamanan Polisi RW serupa dengan Polisi Koban yang diartikan sebagai satuan unit terkecil di kepolisian Jepang. Hasilnya, menurut Global Peace Index, Jepang merupakan salah satu negara dengan tingkat kriminalitas terendah di dunia

Menurut akademisi Universitas Bhayangkara Jakarta ini, penerapan polisi RW di seluruh Indonesia ke depan sangat bisa dilakukan asal didukung dengan penambahan personel Polri yang cukup besar karena jumlah RW di seluruh Indonesia mencapai ratusan ribu.

“Paling tidak untuk sementara ini, bintara polisi yang baru selesai pendidikan bisa segera disebar di RW agar kebijakan Kapolri ini bisa langsung diterapkan,” ujar Edi.

Ia mengatakan, dengan respon cepat yang diberikan Polisi RW, bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap intitusi Polri.

“Dengan penerapan polisi RW, diharapkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri akan meningkat,” bebernya

Edi menambahkan, keberadaan Polisi RW akan lebih dekat dengan masyarkat diharapkan dapat membantu penyelesaian berbagai permasalahan di wilayah masing-masing RW.

BACA JUGA:FIFA Berikan Sanksi Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: