Tingkatkan Zakat ASN, Baznas dan Pemkab Tubaba Gelar Program Umroh

Tingkatkan Zakat ASN, Baznas dan Pemkab Tubaba Gelar Program Umroh

Foto: Tingkatkan Zakat ASN, Baznas dan Pemkab Tubaba Gelar Program Umroh-(Rico)-

RADARMETRO— Guna meningkatkan semangat ASN untuk berzakat. Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bersama Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, menggelar program reward umroh.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Tubaba, Nurkholis Majid mengatakan Pemkab Tubaba bersama Baznas menyiapkan empat kuota umroh kepada ASN, yang terdiri dari pejabat eselon dua, eselon tiga staf fungsional dan guru.

”Masing-masing golongan, eselon dua, tiga fungsional dan guru akan dipilih satu orang yang berkesempatan mendapatkan hadiah umroh,” Jelasnya saat dikonfirmasi Radarmetro diruangnya, Rabu (4/10/2023).

Lanjut Nurkholis, untuk memilih para ASN yang layak mendapatkan hadiah umroh, Pemkab bersama Baznas mengadakan seleksi tertulis dan wawancara. Dengan melibatkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tubaba selama dua hari. Terhitung sejak 3-4 Oktober 2023.

BACA JUGA:Baznas Tubaba Kembali Berikan Bantuan

Kemudian, untuk hasil seleksi akan diumumkan pada pekan depan. Tentunya hasil seleksi hari ini akan dilaporkan kepada 

sekretaris daerah dan Pj bupati Tubaba.

”Sebanyak 51 orang yang bersaing mendapatkan hadiah umroh. Persaingan ini bukan hanya soal pengetahuan saja tetapi juga, soal banyaknya infaq, shodaqoh dan zakat para ASN. Mudah-mudahan senin depan,” Terangnya

Sementara itu, Ketua Baznas Tubaba, Purwanto menjelaskan, pemberian reward dilakukan agar ASN di lingkup Pemkab setempat semakin giat untuk menabung pahala melalui zakat.

Menurutnya, kegiatan yang dalam rangka penguatan dan peningkatan zakat ini sangat berpengaruh. Terbukti, mulai dari awal Maret hingga Oktober 2023, kenaikan pembayaran zakat meningkat hingga 80 persen.

”Sejauh ini masih ada beberapa ASN yang belum berzakat melalui Baznas. Mereka baru berinfaq dan shodaqoh. Kemudian untuk anggaran pembiayaan umroh ini berasal dari uang infaq dan shodaqoh ASN yang selama ini telah berjalan, jadi ASN berinfaq dan shodaqoh, manfaatnya dirasakan kembali oleh ASN,” Pungkasnya.

BACA JUGA:Menteri Pertanian SYL Ditetapkan Tersangka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: