Bocoran Terbaru, ini Materi PPPK Dosen 2023, Simak Penjelasannya!

Bocoran Terbaru, ini Materi PPPK Dosen 2023, Simak Penjelasannya!

Foto : Proses rekrutmen CASN dan PPPK oleh para peserta.-(Istimewa)-

RADARMETRO - Bagi kalian para pelamar Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Dosen 2023 ada beberapa tahapan yang harus dilalui dalam proses seleksi

Aturan tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri PANRB Nomor 653 Tahun 2023. Dalam aturan tersebut disebutkan bahwa pelamar PPPK Dosen 2023 akan menjalani beberapa tahapan seleksi. 

Sejumlah seleksi tersebut diantaranya Kompetensi Teknis, Manajerial, dan Sosial Kultural, serta Wawancara

Tidak hanya itu, dalam pelaksanaan seleksi tersebut untuk nilai kumulatif tertinggi PPPK mencapai 670. Nilai tersebut berdasarkan hasil Seleksi Kompetensi dan Wawancara. 

Nah berikut ini terdapat beberapa kisi-kisi materi seleksi PPPK Dosen 2023. Di mana untuk materi seleksi kompetensi teknis mengukur penguasaan pengetahuan. Kemudian keterampilan, sikap atau perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan dan spesifik terkait jenis jabatannya. 

Selanjutnya,materi seleksi kompetensi manajerial. Nah untuk materi ini mengukur komitmen, kemampuan, dan perilaku individu dalam berorganisasi yang dapat diamati dan diukur. 

BACA JUGA:Puluhan Ribu Pelamar CASN dan PPPK 2023 Dinyatakan Gugur, ini Update Data Terbaru Instansi yang Tidak Diminati

Beberapa kompetensi tersebut meliputi integritas, kerja sama, komunikasi, orientasi pada hasil, pelayanan publik, pengembangan diri dan orang lain, mengelola perubahan dan pengambilan keputusan.

Kemudian untuk materi kompetensi sosial kultural dilakukan dengan menilai pengetahuan dan sikap. Ini terutama terkait dengan pengalaman interaksi dengan masyarakat majemuk yang beragam budaya, suku, dan agama.

Lalu perilaku, wawasan kebangsaan, etika, nilai, moral, emosi dan prinsip untuk memperoleh hasil kerja sesuai peran, fungsi, serta jabatan sebagai perekat bangsa. 

Nah pada spesifikasi materi juga harus memiliki beberapa hal. Seperti kepekaan terhadap keberagaman, kemampuan berhubungan sosial, kepekaan terhadap pentingnya persatuan, dan empati. 

Tidak hanya itu, materi selanjutnya yakni materi wawancara. Materi ini menggali informasi nonkognitif untuk menilai integritas dan moralitas. Diantaranya meliputi kejujuran, komitmen, keadilan, etika, dan kepatuhan. 

Sementara itu, untuk materi seleksi PPPK Dosen 2023 dilakukan dengan beberapa rangkaian. Ini seperti untuk seleksi kompetensi teknis, manajerial, dan sosial kultural membuat sebanyak 145 soal dengan waktu 120 menit. 

BACA JUGA:Pendaftaran CASN dan PPPK 2023, 9 Instansi ini Nol Pelamar, ini Daftarnya, Buruan Cek!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: