Tingkatkan Pencapaian Target PAD, Disdag Metro Berlakukan Uji Petik

Tingkatkan Pencapaian Target PAD, Disdag Metro Berlakukan Uji Petik

Foto : Kepala Disdag Kota Metro Elmanani, saat meninjau langsung sejumlah pasar di Kota Metro untuk melakukan uji petik.-(Ria Riski AP)-

RADARMETRO - Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Metro kembali melakukan uji petik sejumlah kios dan hamparan. Ini dilakukan untuk meninjau kembali target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor retribusi pelayanan pasar. 

Demikian disampaikan Kepala Disdag Kota Metro Elmanani, Kamis (26/1/2023). Ia mengatakan, uji petik dilakukan untuk mengetahui besarnya potensi retribusi yang dikelola Disdag pada tahun 2023. Menurutnya, uji petik juga dilakukan untuk mengetahui jumlah kios dan hamparan yang tak lagi beroperasi. 

"Uji petik ini biasa kita lakukan setiap tahun di awal tahun. Jadi untuk menetapkan target PAD yang kita kelola kita awali dengan uji petik. Jadi kita keliling ke sejumlah pasar," terangnya. 

Menurut Elmanani, dari uji petik tersebut baru akan diketahui berapa jumlah kios dan hamparan yang masih beroperasi. Ini termasuk sejumlah pedagang yang masih aktif dan membayar pajak. 

"Untuk uji petik ini sudah kita lakukan sejak 2 minggu lalu. Nantinya setelah dilakukan uji petik ini kita akan  mengirimkan besaran target hasil uji petik ke Badan Retribusi dan Pendapatan Daerah (BPPRD)," jelasnya.

Ia menambahkan, setelah uji petik tersebut dilakukan nantinya akan dikeluarkan Surat Ketetapan Retribusi (SKR). Untuk selanjutnya menetapkan besaran atau target PAD yang dikelola Disdag di tahun 2023. 

"Untuk data seluruhnya saat ini masih dalam proses rekapitulasi. Untuk target dan realisasi kita harapkan akan naik dari tahun lalu," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: