Penetapan Batas Tiyuh dan Kelurahan di Tubaba, Telah Mencapai 91,06%

Penetapan Batas Tiyuh dan Kelurahan di Tubaba, Telah Mencapai 91,06%

Foto: Saat bimbingan teknis verifikasi penetapan batas tiyuh/kelurahan Kabupaten Tubaba di Jakarta.-(Istimewa)-

RADARMETRO— Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Tiyuh (DPMT) telah menyelesaikan proses penetapan dan penegasan batas tiyuh dan kelurahan

Total telah mencapai 91,06% dari semua segmen batas sebanyak 607 segmen

Hal tersebut dikatakan Kepala DPMT Sofyan Nur kepada radarmetro.disway.id melalui WhatsApp, Kamis (26/10/2023) pukul 12.35 WIB. 

Dikatakan Sofyan, dari 607 segmen, 550 segmen batas telah disepakati oleh 100 tiyuh dan 3 kelurahan, sisanya sebanyak 57 segmen batas masih dalam proses di tingkat tiyuh/kelurahan untuk disepakati.

"Dari total 607 segmen batas yg telah disepakati, 42 tiyuh telah diproses untuk ditetapkan Peraturan Bupati tentang Penetapan dan Penegasan Batas Tiyuh, dan sebanyak 31 tiyuh sedang dalam proses verifikasi oleh Badan Informasi Geospasial untuk selanjutnya setelah mendapatkan rekomendasi akan segera ditetapkan perbupnya," jelasnya. 

BACA JUGA:Dinas Perpustakaan Nasional & Dinas Perpustakaan Tubaba Monev Penerima Bantuan TPBIS

Lanjut Sofyan, tim teknis dari tanggal 25-27 Oktober sedang berada di Jakarta, dalam rangka verifikasi teknis oleh Tim BIG. 

"Mudah-mudahan berjalan lancar dan mendapatkan rekomendasi dari BiG terkait peta batas tiyuh," harapnya. 

"Untuk kecamatan yang telah menyelesaikan 100% peta batas tiyuhnya adalah Kecamatan Way Kenanga dan Tumijajar, untuk kecamatan lainnya sedang kami kejar supaya progres penetapan dan penegasan batasnya bisa selesai 100%," terangnya. 

Adapun kendala-kendala dalam proses penetapan dan penegasan batas di Tubaba adalah terkait tiyuh-tiyuh yang memiliki wilayah kantong, serta batas tiyuh yang berada dalam kawasan hutan register dan HGU perusahaan. 

BACA JUGA:Kontraktor Akui Gunakan Material Bekas, DPRD Tubaba: Bongkar

"Untuk itu kami mengimbau serta meminta dukungan dari seluruh lapisan masyarakat untuk dapat membantu proses percepatan penetapan dan penegasan batas ini, agar ke depan batas-batas administratif tiyuh/kelurahan di Kabupaten Tubaba dapat selesai dan tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: