Makan Buah Serentak di Peringatan HKN ke-59

Makan Buah Serentak di Peringatan HKN ke-59

Foto: Pj Bupati Tuba saat menghadiri acara di tengah-tengah masyarakat.-(Sopian)-

RADARMETRO - Pj Bupati Tulangbawang Qudrotul Ikhwan menghadiri peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke-59 yang dilaksanakan di Lapangan Jupiter, Kampung Panca Karsa Purna Jaya, Kecamatan Banjar Baru, Selasa (21/11/2023).

HKN yang mengusung tema “Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju” itu berlangsung meriah.

Sebelum kegiatan HKN dimulai, seluruh masyarakat dan pejabat melakukan makan buah serentak.

Dengan tema “Transformasi Kesehatan Untuk lndonesia Maju” sebuah inisiasi Kemenkes yang mencakup enam pilar.

Yakni, transformasi layanan primer, tranformasi layanan rujukan, sistem ketahanan kesehatan, sistem pembiayaan kesehatan, transformasi SDM kesehatan, dan tranformasi teknologi kesehatan.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Tulangbawang Qudrotul Ikhwan mengajak seluruh masyarakat Tulangbawang untuk turut membangun kesehatan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar.

“Untuk transformasi bidang kesehatan yang lebih baik tentunya perlu kolaborasi dan sinergi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah,” jelasnya.

BACA JUGA:BKKBN Kolaborasi dengan Komisi IX DPR RI Lakukan Sosialisasi Pencegahan Stunting

Kesehatan tidak akan terwujud tanpa transportasi budaya kerja para insan kesehatan.

Dan ikut menekankan pilar sumber daya manusia (SDM) kesehatan sebagai hal utama dalam perubahan sistem kesehatan itu.

"Hal ini menyangkut mindset (pola pikir). Mindset melayani untuk nakes (tenaga kesehatan) dan masyarakat harus lebih berdaya untuk berprilaku hidup sehat,” ucap Pj Bupati Tulangbawang Qudrotul Ikhwan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulangbawang Fatoni mengatakan bahwa tema HKN tahun ini transformasi kesehatan untuk indonesia maju.

“Tema ini mencerminkan arah yang sangat strategis dalam upaya kita untuk membawa indonesia menuju kemajuan yang berkelanjutan,” ujar Bati Fatoni. 

Transformasi kesehatan menjadi landasan yang krusial mengingat kesehatan menjadi aspek utama dalam pembanguan bangsa yang berdaya saing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: