Kabar Gembira, Metro Bakal Miliki RSH Pertama di Lampung, Cek ini Lokasinya!

Kabar Gembira, Metro Bakal Miliki RSH Pertama di Lampung, Cek ini Lokasinya!

Foto : Kabid Peternakan DKP3 Kota Metro Lina Oktira dikonfirmasi radarmetro.disway.id.-(Ria Riski A.P)-

RADARMETRO - Kabar gembira para pecinta hewan pemeliharaan di Provinsi Lampung khususnya di Kota Metro.

Di mana Pemerintah Kota Metro melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) tengah mempersiapkan rencana pendirian Rumah Sakit Hewan (RSH).

Diketahui, Rumah Sakit Hewan ini akan menjadi rumah sakit pertama dan satu-satunya RSH di Provinsi Lampung.

Dikonfirmasi radarmetro.disway.id, Kepala DKP3 Kota Metro melalui Kabid Peternakan DKP3, Lina Oktira membenarkan rencana tersebut. 

Ia mengatakan, bahwa saat ini pihaknya tengah mengajukan rekomendasi rencana pendirian RSH tersebut ke Gubernur Lampung.

"Jadi minggu kemarin hari Selasa kita diminta ke Provinsi untuk persentasi tentang RSH ini. Dan ada beberapa persyaratan yang harus kami lengkapi kembali, termasuk rekomendasi dari Kementerian Pertanian terkait pendirian RSH di Kota Metro," terangnya, Selasa (28/11/2023). 

BACA JUGA:Masuki MT ke III, DKP3 Kota Metro Targetkan Tanam 2.948 Hektar

Karenanya Lina menjelaskan, untuk saat ini pihaknya tengah mengupayakan untuk dapat memperoleh rekomendasi tersebut. Ia berharap rekomendasi tersebut dapat turun sebelum akhir tahun ini.

"Nah ini sedang kami usahakan, kami lengkapi dulu. Mudah-mudahan nanti awal minggu depan sudah kami naikkan. Kemudian awal bulan depan sudah keluar rekomendasi dari Gubernur Lampung," jelasnya.

Menurutnya, rencana pendirian RSH tersebut merujuk dari arahan Walikota Metro Wahdi untuk meningkatkan layanan kesehatan hewan. Terlebih animo masyarakat terkait pelayanan kesehatan di Metro juga cukup tinggi. 

"Sebenarnya kita itu mau meningkatkan layanan, karena animo masyarakat terhadap layanan kesehatan hewan ini kan meningkat dari tahun ke tahun. Jadi kita mau meningkatkan layanan itu sebenarnya kita mau buka Puskeswan Rawat Inap. Tapi ide ini ditangkap oleh Pak Wali, untuk kenapa tidak sekalian saja Puskeswan kita jadikan Rumah Sakit Hewan?" ungkapnya.

Terlebih untuk di Provinsi Lampung, kata dia belum memiliki RSH. Karenanya sesuai dengan arahan Walikota Metro pihaknya tengah menyiapkan persyaratan untuk rencana pendirian RSH tersebut.

"RSH Kabupaten/Kota di Indonesia ini baru ada di Banyuwangi, terus kita rencananya. Sedangkan untuk RSH Provinsi ada di Jawa Timur dan Jawa Barat. Tetapi Lampung sendiri belum ada. Nah berdasarkan inisiatif Pak Wali tersebut kita sedang mengejar untuk RSH," paparnya.

Menunurutnya, dengan adanya RSH tersebut maka pelayanan yang diberikan akan lebih baik lagi. Pelayanan juga dapat diberikan selama 24 jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: