Masuki MT ke III, DKP3 Kota Metro Targetkan Tanam 2.948 Hektar

Masuki MT ke III, DKP3 Kota Metro Targetkan Tanam 2.948 Hektar

Foto : Kepala DKP3 Kota Metro Heri Wiratno dikonfirmasi awak media, Senin (27/11/2023). -(Ria Riski A.P)-

RADARMETRO - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Metro mulai melakukan tanam padi pada musim tanam (MT) ke-III tahun ini. 

Di mana pada MT III tahun, DKP3 Kota Metro tersebut menargetkan tanam 2.948 hektar. 

Dikonfirmasi radarmetro.disway.id, Kepala DKP3 Kota Metro, Heri Wiratno mengatakan, pada musim tanam kali pihaknya menargetkan akan mampu menghasilkan panen mencapai 16 ribu hingga 17 ribu ton.

"Kalau perkiraan hasil tanam padi di MT III tahun 2023 bisa melebihi hasil panen di musim tanam sebelumnya. Kalau kemarin itu hasilnya 15 ribu ton, ini 16 ribu hingga 17 ribu ton," terangnya, Senin (27/11/2023). 

Ia mengakui bahwa hasil panen padi pada MT III ini diharapkan mampu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Metro.

"Kalau musim tanam kemarin kita surplus. Jadi tanam nanti kalau padinya juga bisa surplus. Prediksinya akan lebih besar, karena ini kan musimnya bagus," ujarnya. 

BACA JUGA:Disnakertrans Beri Sinyal UMK Metro 2024 Naik Sekitar 3 Persen, Cek Besarannya!

Ia menjelaskan, pada MT III tahun ini pihaknya menargetkan tanam seluas 2.948 hektare. Ia berharap hasil tanam kedepan juga akan lebih baik. 

Meski diakui Heri, bahwa dampak fenomena El Nino pada musim tanam sebelumnya tidak terlalu berpengaruh pada pertanian di Metro. Sebaliknya ia menyebut hasil panennya juga baik.

"Justru malah bagus di Metro pada musim tanam kemarin. Kemudian  harganya juga lumayan," katanya.

Kendati begitu, lanjut Heri, ada beberapa wilayah yang mengalami kekeringan. Kondisi tersebut pun akhirnya disadari petani bahwa untuk melakukan tanam sesuai jadwal. 

"Musim ini petani itu mulai sadar, bahwa jadwal tanam itu penting," ujarnya.

Ia menambahkan, untuk meningkatkan hasil panen pihaknya telah melakukan beberapa upaya. Ini terutama permasalahan pertanian di Metro.

"Contohnya kita lakukan penyuluhan, pengamatan wereng coklat, dan pengendalian hama tikus. Upaya ini sudah kami lakukan sejak dari Agustus, September, dan Oktober. Utamanya dalam pengendalian hama tikus itu sudah dilakukan," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: