Tekankan Pentingnya Literasi Anak Berkebutuhan Khusus, SLB Harapan Ibu Kolaborasi IHT dengan UM Metro

Tekankan Pentingnya Literasi Anak Berkebutuhan Khusus, SLB Harapan Ibu Kolaborasi IHT dengan UM Metro

Foto: UM Metro dan SLB bekerjasama menggelar IHT terkait pentingnya literasi.-(Fenny)-

RADARMETRO - Dalam upaya meningkatkan literasi anak berkebutuhan khusus, Sekolah Luar Biasa (SLB) Harapan Ibu menggelar kegiatan In House Training di aula SLB Harapan Ibu Kota Metro pada Selasa, 28 November 2023.

Kegiatan ini mengadirkan narasumber dari Universitas Muhammadiyah Metro.  

Kegiatan IHT pengembangan diri terkait pelibatan orangtua dalam penguatan pembelajaran karakter kemandirian ini dihadiri oleh kepala sekolah pengawas sekolah, ketua yayasan, seluruh dewan guru, dan orangtua siswa.

Fenny Thresia, M.Pd., dosen pendidikan bahasa Inggris dari UM Metro, menegaskan bahwa literasi tidak hanya merupakan hak siswa pada umumnya, tetapi juga sangat relevan untuk siswa di sekolah luar biasa.

Penekanan khusus diberikan dengan memperhatikan jenis ketunaan masing-masing siswa.

Fenny Thresia menyoroti pentingnya keterlibatan orangtua dalam kegiatan literasi, mengingat sebagian besar waktu anak-anak dihabiskan di rumah.

BACA JUGA:Laboran UM Metro Targetkan Lulus Uji Kompetensi

Di sekolah, anak-anak fokus pada pengembangan keterampilan dan kemandirian.

Riki Saputra, S.Pd., selaku Kepala Sekolah, berharap bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan kerjasama orangtua dalam mendukung program-program sekolah. 

Ia juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Universitas Muhammadiyah Metro yang selalu mendampingi kegiatan di SLB Harapan Ibu.

Abdul Halim, M.Pd., selaku Pengawas Sekolah, berharap agar program-program yang telah disusun oleh sekolah dapat dijalankan secara bersama-sama dengan dukungan penuh dari orangtua siswa.

Hal senada disampaikan oleh Ketua Yayasan, Azola Arcilia Fajuita, M.Psi, yang menekankan peran penting orangtua di rumah dalam menentukan keberhasilan pendidikan anak-anak berkebutuhan khusus. 

Ia juga mengajak orangtua untuk meluangkan waktu bersama anak-anak, mendorong interaksi lebih banyak dengan lingkungan sekitar, dan mengurangi ketergantungan anak-anak pada gadget.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan kesadaran akan pentingnya literasi untuk anak-anak berkebutuhan khusus semakin meningkat, serta dukungan dari orangtua dapat memberikan kontribusi positif dalam mencapai tujuan pendidikan mereka. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: