Pj Ketua dan TP-PKK se-Tubaba Kunjungi Desa Terbersih di Dunia

Pj Ketua dan TP-PKK se-Tubaba Kunjungi Desa Terbersih di Dunia

Foto: Pj Ketua TP PKK Tubaba saat memberikan sambutannya.-(Rusman)-

RADARMETRO - Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tiyuh (desa) se Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung melaksanakan kegiatan peningkatan kapasitas pengetahuan, wawasan, kemampuan, dan peran serta PKK untuk kemajuan tiyuh di Tubaba.

Kegiatan yang dilaksanakan di Provinsi Bali pada 28 November 2023 sampai 1 Desember 2023, difasilitasi oleh Laskar Wisata yang bekerjasama tiyuh-tiyuh se Kabupaten Tubaba yang diikuti sebanyak 78 tiyuh dari 100 tiyuh di Tubaba.

Kegiatan yang juga dihadiri oleh Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Tubaba, Hanita Farial Firsada, Asisten I Bidang Pemerintahan Bayana, Kepala Dinas PMT Sofyan Nur, dan sejumlah Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan, dibuka resmi dengan kegiatan diskusi di ballroom Hotel PrimeBiz Bali, Kamis (29/11/2023).

Dikatakan Pj Ketua TP-PKK Tubaba Hanita Firsada bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya Tim Penggerak PKK se-Tubaba untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan, kemampuan, dan peran serta PKK dalam mendukung kinerja pemerintahan tiyuh melalui gerakan PKK.

"Kujungan ke Desa Penglipuran dan Tenun Ikat di Bali untuk mengatur manajemen konsep UMKM yang berada di Tiyuh Tubaba. Saya berharap, TP PKK Tubaba bisa membawa nama baik dan memberikan kesan yang baik selama kegiatan," kata Pj Ketua TP-PKK Tubaba.

BACA JUGA:HUT Korpri Pemkab Tubaba Meyerahkan Penghargaan ke ASN yang Memasuki Purna Bakti

Menurut Hanita Firsada, PKK sebagai wadah kegiatan wanita yang mempunyai peran penting dalam membantu keberhasilan program pemerintahan di tingkat tiyuh khususnya di Tubaba. 

"Pentingnya PKK memiliki wawasan, pengetahuan dan peran Tim Penggerak PKK di tiyuh-tiyuh, menjadi kunci utama kebersamaan untuk keberhasilan membangun tiyuh di Tubaba," kata Hanita. 

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Tiyuh (DPMT) Tubaba mengatakan bahwa kegiatan tersebut salah satu bentuk penguatan silaturahmi dan edukasi dalam membuka wawasan yang luas bagi ibu PKK tiyuh-tiyuh di Tubaba. 

"Kegiatan peningkatan kapasitas ibu-ibu TP PKK, melaksanakan kunjungan ke Desa Penglipuran yang dinobatkan sebagai desa terbersih di dunia, dan pengrajin Tenun Ikat di Bali, agar nantinya ibu-ibu TP PKK Tubaba bisa menerapkan hasil dari kunjungan tersebut di Bumi Ragem Sai Mangi Wawai," kata Sofyan Nur saat memberikan sambutan di diskusi di Meeting Room Hotel Prime Biz Kuta Bali (29/11/2023).

Ia menambahkan, TP PKK Tubaba bisa mengaplikasikan untuk menunjang perekonomian Tiyuh yang berada di Tubaba.

"Apapun hasilnya kita berharap pertumbuhan ekonomi di tiyuh bisa meningkat agar nantinya bisa menjadi objek tujuan wisata di Tubaba," paparnya. 

Sementara itu Direktur Tri Laskar Wisata Tri Rahmansyah selaku penyedia layanan kegiatan menyampaikan beberapa agenda penting selama kegiatan berlangsung. 

"Atas kepercayaan tiyuh-tiyuh yang menjadi peserta, saya selaku Direktur Laskar Wisata, melaksanakan dan memberikan layanan jasa dan edukasi yang terbaik bagi seluruh peserta kegiatan. Kami menggunakan jalur darat dan udara dengan kamampuan yang terbaik," kata Rahman. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: