Wow... Puluhan Lembar Surat Suara Pemilu di Metro Dinyatakan Rusak, Ini Rinciannya!

Wow... Puluhan Lembar Surat Suara Pemilu di Metro Dinyatakan Rusak, Ini Rinciannya!

Foto : Petugas pelipatan surat suara tengah melakukan proses pelipatan dan penyortiran di Aula Kelurahan Yosodadi, Kecamatan Metro Timur, Selasa (9/1/2024). -(Ria Riski A.P)-

RADARMETRO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro mencatat puluhan lembar surat suara pemilihan umum (Pemilu) dinyatakan rusak

Dari jumlah tersebut diantaranya terdiri surat suara DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kota Metro. 

Demikian disampaikan Ketua KPU Kota Metro, Nurris Septa Pratama, dikonfirmasi awak media, Selasa (9/1/2024).

Ia mengatakan, jumlah surat suara yang rusak tersebut diketahui berdasarkan hasil penyortiran dan pelipatan surat suara oleh petugas. 

Di mana terdapat sebanyak 100 petugas yang melakukan pelipatan dan penyortiran surat suara pemilu. 

"Dari hasil pelipatan surat suara dan penyortiran ada 67 lembar surat suara yang dinyatakan rusak. Jumlah ini diketahui sejak 8 Januari 2024," terangnya. 

Ia menjelaskan, dari 67 lembar surat suara yang rusak tersebut diantaranya terdiri dari 30 lembar surat suara untuk DPR RI, dan 33 surat suara DPRD Provinsi. 

BACA JUGA:655 Ribu Lebih Surat Suara Pemilu, KPU Metro: Sortir Lipat 10 Hari Selesai

Selanjutnya, untuk surat suara DPRD Kota Metro yang rusak sebanyak 4 lembar dari Daerah Pemilihan (Dapil) 1 Kecamatan Metro Pusat.

"Jadi untuk surat suara DPRD Kota Metro belum semuanya dilipat dan disortir ya, baru di Dapil 1. Jadi untuk data kemarin baru diketahui ada 4 lembar surat suara yang rusak," paparnya. 

Menurutnya, KPU Kota Metro telah melakukan pelipatan dan penyortiran surat suara sejak Jumat 5 Januari 2024 lalu.

Di mana jumlah surat suara yang telah dilipat terdiri dari DPR RI sebanyak 130.959 lembar. Kemudian surat suara DPRD Provinsi sebanyak 131.112 lembar.

"Sedangkan untuk surat suara DPRD Kota Metro masih dalam proses pelipatan dan penyortiran," katanya.

Lebih lanjut, Nurris mengemukakan bahwa puluhan lembar surat suara pemilu yang dinyatakan rusak tersebut contohnya terdapat robekan pada surat suara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: