Keren... Kota Metro Jadi Percontohan Kota Sehat Pemkab Bengkulu Utara

Keren... Kota Metro Jadi Percontohan Kota Sehat Pemkab Bengkulu Utara

Foto : Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara terkesan melakukan stadi banding di Kota Metro.-(Ria Riski A.P)-

RADARMETRO - Pemerintah Kota Metro menjadi percontohan Kota Sehat dan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) oleh Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu. 

Ini menyusul dikunjunginya Kota Metro sebagai percontohan dalam study banding oleh Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Metro melalui Asisten I Kota Metro Supriyadi menyambut baik dijadikannya Kota Metro sebagai lokasi studi banding. 

Ia berharap kunjungan tersebut dapat  menjadi sarana menjalin silaturahmi dan kerjasama antara Pemerintah Kota Metro dan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara. 

"Dengan kunjungan ini juga dapat meningkatkan kerjasama dan kolaborasi antar kedua wilayah. Kemudian juga menumbuhkan inspirasi, inovasi serta sebagai wujud kesungguhan kita untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat," ungkapnya. 

Supriyadi berharap melalui studi banding tersebut bermanfaat bagi Kota Metro maupun Pemkab Bengkulu Utara menuju kota dan Kabupaten sehat. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro, Eko Hendro Saputra menjelaskan dalam dalam program STBM menuju Kota Sehat tersebut ada beberapa point yang harus dipenuhi.

BACA JUGA:Gunakan Knalpot Brong, Pengendara Sepeda Motor di Metro Terancam Dipidana


Foto: Kota Metro Jadi Percontohan Kota Sehat Pemkab Bengkulu Utara-(Ria Riski A.P)-

Karenanya dalam kegiatan studi banding tersebut akan ada tiga lokasi yang menjadi kunjungan. 

"Pertama kita akan mengunjungi lokasi Kelompok Arisan Sedot Tinja (ARSETI)  hasil dari kolaborasi antara Pemerintah Kota Metro dengan Tim Penggerak PKK," jelasnya. 

Ia menerangkan di lokasi ARSETI tersebut masyarakat diajak untuk melakukan perubahan perilaku terkait dengan sanitasi. 

"Kedua kita mengunjungi Pusat Daur Ulang (PDU) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) di Rejomulyo. PDU ini  merupakan inisiatif dari DLH untuk mengelola sampah secara lebih efektif pada ramah lingkungan," terangnya. 

Menurutnya, PDU didirikan untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat khususnya dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: