Bayana Buka Musrenbang Kecamatan Gunung Agung, Ini Pesannya

Bayana Buka Musrenbang Kecamatan Gunung Agung, Ini Pesannya

Foto: Musrenbang yang digelar di Tubaba dihadiri unsur dari Pemprov Lampung.-(Rusman)-

RADARMETRO - Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung Bayana membuka kegiatan musrenbang dan rembuk stunting tingkat kecamatan di aula kantor Kecamatan Gunung Agung, Selasa (31/01/2024). 

Dalam sambutan Penjabat Bupati Tubaba yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pembangunan menyampaikan kegiatan forum musrenbang ini sudah merupakan program tetap setiap tahunnya.

"Kita laksanakan dan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari mekanisme perencanaan, sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah," ujarnya. 

Mekanisme semacam ini tidak lain adalah merupakan perwujudan dari sebuah proses perencanaan pembangunan daerah melalui pendekatan yang dikenal dengan istilah pendekatan teknokratis, partisipatif, politik dan top down-bottom up  yang kemudian dirangkum menjadi usulan rencana kerja kecamatan. 

Sinkronisasi usulan rencana kerja kecamatan merupakan hasil kesepakatan prioritas kecamatan yang dipadukan dengan hasil musrenbang tingkat tiyuh yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Berbicara pembangunan tentu saja tak lepas dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah yang setiap tahunnya dianggarkan. 

BACA JUGA:Struktur Pengurus KONI Lampung Dirampingkan

Perlu diketahui bersama bahwa APBD Kabupaten Tulangbawang Barat pada tahun 2024 ini sebesar Rp928,048 miliar. 

"Namun demikian, kita menyadari bahwa APBD kita masih belum bisa mencukupi semua kebutuhan pembangunan, meski Pemerintah Daerah Kabupaten Tulangbawang Barat telah berupaya melaksanakan anggaran sesuai dengan kebutuhan, terutama dalam penanganan kesehatan, penyediaan jaring pengaman sosial, dan penguatan perekonomian daerah," jelasnya. 

Berkaitan dengan pelaksanaan pembangunan di daerah, tentunya telah merasakan perubahan yang lebih baik.

"Oleh karena itu pada kesempatan ini saya sampaikan beberapa hal yang perlu menjadi perhatian kita bersama," ucap Bayana. 

Pengembangan SDM berkarakter, pengembangan dan peningkatan SDM adalah proses tujuan dalam pembangunan nasional dan Kabupaten Tulangbawang Barat.

"Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas  sumber daya manusia bidang pendidikan, akan terus kita tingkatkan, baik melalui pembangunan sarana dan prasarana pendidikan maupun peningkatan mutu dan kualitas pendidik," tegasnya. 

Tentu saja ini menuntut kesiapan dalam menyediakan prasarana pendidikan, seperti ruang kelas siswa, ruang guru, laboratorium, perpustakaan, sampai dengan alat peraga edukatif. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: