Fokus Utama Pemkab Tubaba Menjaga Netralitas ASN saat Pemilu

Fokus Utama Pemkab Tubaba Menjaga Netralitas ASN saat Pemilu

Foto: Arahan Pemkab Tubaba untuk mengamankan pemilu agar kondusif.-(Rusman)-

RADARMETRO - Pemkab Tubaba menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pemantauan Perkembangan Politik di Daerah Pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, hal tersebut disampaikan Novriwan Jaya, Sekda Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), Lampung yang berlangsung di Ruang Rapat Bupati, Senin (05/02/2024).

"Fokus utama kita adalah menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN). Saya minta jangan sampai di Kabupaten Tubaba ada laporan-laporan terkait dengan netralitas ASN. Kemudian selanjutnya yang menjadi kewajiban kita adalah untuk membantu memfasilitasi program pemilu, sehingga bisa berjalan dengan baik dan lancar. Sekaligus mengawasi dan memantau pelaksanaan pemilu 2024," kata Novriwan Jaya.

Menurutnya yang tidak kalah penting, selaku aparat pemerintah daerah khususnya Pemerintah Daerah Kabupaten Tubaba, semua berkewajiban untuk memastikan partisipasi aktif dari masyarakat Kabupaten Tubaba.

BACA JUGA:Pengawas TPS Ujung Tombak Pemilu Bersih, Ketua PWI Tubaba: Media Mengawasi!

"Jadi kewajiban kita mendorong seluruh masyarakat di Kabupaten Tubaba berpartisipasi aktif terkait Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) yang akan dilaksanakan pekan depan tanggal 14 Februari 2024," ujarnya.

Novriwan Jaya juga menekankan agar pemerintah daerah dapat memastikan tidak ada intervensi dan tekanan terhadap masyarakat.

Masyarakat harus mempunyai hak yang sama dan mempunyai kebebasan untuk melakukan pemilihan baik pilpres maupun pileg tanpa ada unsur tekanan apapun.

"Dan tujuan akhir kita adalah bagaimana kita mendeteksi dini terkait pada hal-hal yang bisa menghambat proses pelaksanaan pemilu. Sekecil apapun permasalahan-permasalahan terkait proses pemilu jangan sampai ada pembiaran, karena ini sangat rentan," tegasnya.

Dia juga meminta seluruh perangkat daerah khususnya camat dapat mendeteksi segala permasalahan-permasalahan terkait proses pemilu di daerahnya masing-masing, karena pemerintah daerah berkewajiban untuk menciptakan pemilu damai khususnya di Kabupaten Tubaba. 

BACA JUGA:TAF Masuk 110 KEN 2024, Pj Bupati M. Firsada : Tubaba Akan Jadi Pangung Seni Budaya Nasional dan Mendunia

"Kita semua juga berkewajiban untuk menjaga kondusivitas di Kabupaten Tubaba. Dan kita berkewajiban untuk menjamin pelaksanaan pemilu bisa berjalan dengan baik, aman, dan damai," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: