Dukung Mimpi UM Metro Dirikan Prodi S1 Kedokteran, Direktur Penyediaan Nakes Kemenkes RI Lakukan Visitasi

Dukung Mimpi UM Metro Dirikan Prodi S1 Kedokteran, Direktur Penyediaan Nakes Kemenkes RI Lakukan Visitasi

Foto: Dukungan terhadap adanya fakultas kedokteran di UM Metro.-(Zunafiffah)-

RADARMETRO - Direktur Penyediaan Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Dra. Oos Fatimah Rosyati, M.Kes.  lakukan visitasi perihal izin Pendirian Program Studi S1 Kedokteran dan Profesi Dokter dihadiri pada Kamis, 22 Februari 2024 yang bertempat di Aula HI Kampus 1 Universitas Muhammadiyah Metro.

Dalam acara persiapan rencana pembukaan Prodi S1 Kedokteran dan Profesi Dokter tersebut Oos Fatimah Rosyati mengatakan bahwa Kemenkes RI mendukung adanya Prodi Kedokteran karena profesi ini berkontribusi pada perusahaan kami untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang di mana salah satu kendalanya ada kekurangan dokter spesialis.

BACA JUGA:2 Dosen PBI UM Metro Jadi Narasumber pada Workshop Pengembangan Pembelajaran Berbasis Proyek

"Fakultas kedokteran di sejumlah perguruan tinggi dibuka untuk memenuhi kekurangan dokter di Indonesia. Pendirian program studi Kedokteran akan dapat membantu pemerintah dalam menangani kurangnya kebutuhan tenaga dokter yang ada di Indonesia" ucapnya.

Oos Fatimah Rosyati juga menambahkan ketika ingin membuka prodi kedokteran harus memperhatikan kualitas, jangan sampai jumlah kompetensi rendah. Sehingga calon dokter harus uji ulang kompeten kembali.

"Syarat membuka prodi kedokteran harus memperhatikan segala aspek-aspek nya dimana hal tersebut mempengaruhi kualitas, jangan sampai jumlah kompetensi nya rendah" tambahnya.

BACA JUGA:Gelar Workshop, PBI UM Metro Targetkan Luaran RPS Berbasis Project

Di provinsi Lampung melayani 9,4 juta penduduk dan membutuhkan minimal 9.400 dokter. Dan saat ini baru mencapai 3.364 dokter di Lampung. Sehingga membutuhkan sekitar kurang lebih 6000 dokter pertahunnya. Maka kita membutuhkan waktu sekitar 18 tahun untuk memenuhi rasio 1 : 1.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: