Jelang Arus Mudik Lebaran, UPT Terminal Mulyojati Siapkan Fasilitas

Jelang Arus Mudik Lebaran, UPT Terminal Mulyojati Siapkan Fasilitas

Foto : UPT Terminal Mulyojati Kota Metro melakukan pemeriksaan kendaraan menjelang arus mudik lebaran. -(Ria Riski A.P)-

RADARMETRO - Menjelang arus mudik lebaran tahun ini, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Terminal B Mulyojati Kota Metro terus mempersiapkan sejumlah fasilitas. 

Di mana persiapan dilakukan mulai dari dengan melakukan inspeksi keselamatan kendaraan (Rampcheck). Ini dilakukan untuk memastikan kendaraan aman bagi penumpang.

Demikian disampaikan Kepala UPT Terminal Mulyojati Kota Metro Dwi Hera, Jumat (5/4/2024).

Ia mengatakan, kegiatan Ramchek telah dilaksanakan sejak 23-24 Maret 2024 lalu oleh Dinas Perhubungan Provinsi Lampung.

"Ramchek kita lakukan dengan dibantu  tim penguji kendaraan bermotor dari Dishub Kota Metro bersama Dishub Provinsi Lampung," terangnya. 

Ia menjelaskan dari hasil rampcheck tersebut diketahui sebanyak 8 dari 12 kendaraan belum memenuhi izin laik jalan.

BACA JUGA:38 Tahun Mengabdi Sebagai ASN, Ini Pesan Asisten III Setda Metro Kepada Pegawai

"Untuk kendaraan yang tidak laik jalan ini, kami telah meminta agar kendaraan tersebut diperbaiki, sehingga memenuhi izin laik jalan," ujarnya.

Lebih lanjut, Hera mengemukakan bahwa persiapan lain menjelang arus mudik lebaran juga dilakukan dengan melakukan pengaturan area datang dan berangkat. Kemudian juga pengaturan lokasi parkir.

"Nah lokasi parkir ini juga kita atur. Tujuannya agar tidak membahayakan bagi pejalan kaki. Jadi antara bus kecil dan bus besar terpisah," jelasnya.

Tidak hanya itu, persiapan dalam arus mudik lebaran juga dilakukan  dengan pemeriksaan kesehatan gratis. Kegiatan tersebut dilakukan dengan bekerja sama Jasa Raharja. 

"Untuk pemeriksaan kesehatan gratis diperuntukan bagi supir maupun penumpang. Jadi supir dan penumpang bisa memeriksakan kesehatannya sebelum berangkat maupun tiba di Kota Metro," paparnya. 

BACA JUGA:Mekanisme Penghitungan PBB di Kota Metro Berubah, Wajib Pajak Diprediksi Tak Lagi Dapat Stimulus!

Diakuinya, bahwa menjelang arus mudik lebaran tahun ini sejumlah pengusaha angkutan telah menaikkan harga tiket. Ini khususnya terjadi pada tiket bus menuju dan dari Pulau Jawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: