Atasi Masalah Sampah, Pemkot Metro Bakal Ubah Sistem TPAS Karangrejo, Berikut Prosesnya!

Atasi Masalah Sampah, Pemkot Metro Bakal Ubah Sistem TPAS Karangrejo, Berikut Prosesnya!

Foto : Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Metro. -(Ria Riski A.P)-

RADARMETRO - Pemerintah Kota (Pemkot) Metro merencanakan merubah sistem Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Karangrejo, Metro Utara dari sistem Open Dumping menjadi Controlled Landfill.

Di mana Pemkot Metro melalui  Dinas Lingkungan Hidup (DLH) tengah menunggu Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) terkait perubahan tersebut 

Demikian disampaikan Kepala DLH Metro, Ardah, dikonfirmasi awak media, Jumat (26/4/2024). 

Ia mengatakan, ketika AMDAL di lokasi TPAS rampung, maka tahun 2025 TPAS sudah dapat menggunakan sistem Controlled Landfill.

"Sistem TPAS Controlled Landfill ini lebih maju dibanding dengan metode Open Dumping. Dengan sistem ini sampah secara berkala yang tertimbun akan ditutup dengan lapisan tanah" terangnya. 

Dengan begitu, kata dia, dapat mengurangi potensi gangguan lingkungan yang ditimbulkan.

Menurutnya, dalam proses tersebut nantinya akan dilakukan perataan dan pemadatan sampah. Ini untuk meningkatkan efisiensi pemanfaatan lahan dan kestabilan permukaan TPAS. 

BACA JUGA:Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Metro Gelar Rapat Mendadak, Ini yang Dibahas!

"Memang biaya yang digunakan relatif tinggi, tetapi berdampak positif untuk masyarakat yang tinggal di sekitar TPAS," bebernya. 

Ia berharap dengan langkah tersebut maka kedepan TPAS Karangrejo bisa menjadi lebih baik. Karenanya saya ini pihaknya tengah mempersiapkan sarana dan prasarana pendukungnya.

"Kami DLH dibantu TP PKK Kota Metro juga terus gencar mensosialisasi ke masyarakat, untuk memilah sampah organik dan non organik," ujarnya. 

Tak hanya itu, pihaknya juga mengajak masyarakat untuk mengolah sampah non organik menjadi produk kerajinan. Dengan begitu bisa menambah penghasilan bagi masyarakat. 

"Selain itu untuk sampah yang masuk ke TPAS, khususnya sampah non organik juga akan diolah di pusat daur ulang (PDU) di TPAS," katanya.

Ia menambahkan, untuk mengurangi penumpukan sampah pihaknya juga tengah menyiapkan bank sampah di seluruh kelurahan di Kota Metro. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: