Tidak Profesional, Seleksi O2SN Renang Tingkat SMA di Kota Metro Berakhir Ricuh

Tidak Profesional, Seleksi O2SN Renang Tingkat SMA di Kota Metro Berakhir Ricuh

Foto: Tidak Profesional, Seleksi O2SN Renang Tingkat SMA di Kota Metro Berakhir Ricuh-(Devi)-

RADARMETRO - Diduga karena panitia seleksi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) cabang olahraga renang tingkat SMA sederajat tidak profesional, mengakibatkan kericuhan saat pelaksanaan. 

Kericuhan terjadi di kolam renang Tejosari yang menjadi venue seleksi tingkat Kota Metro 2024, Sabtu (04/05/2024). 

Dari pantauan di lokasi dan informasi dari beberapa sumber dan bukti video, sempat terjadi adu mulut antara panitia seleksi dan orangtua atlet dikarenakan digagalkan dalam seleksi itu. 

"Sampai lokasi saya diberi tahu kalau MA tidak bisa ikut seleksi. Padahal kan SMA sederajat, MA itu kan sederajat dengan SMA. Saya menduga panitia tidak mengerti juknis O2SN, kalau SD/MI kalau SMA ya MA," jelasnya. 

Menurut orangtua M Isya Mulya Jaya, ia mempertanyakan kenapa di pendaftaran online bisa tapi pas mau ikut lomba jadi tidak bisa. 

"Seharusnya kalau MA sederajat tidak boleh ikut jangan ada pendaftaran online diterima juga, apa lagi ini sudah ikut dalam perlombaan dan pemberitahuannya sebelum perlombaan seharusnya," katanya dengan nada kecewa.

BACA JUGA:Atlet Matrix Swimming Club Bawa Pulang Best Swimmer

Siswa yang ikut dalam seleksi perlombaan O2SN tingkat kota tersebut, diketahui bernama M Isya Mulya Jaya asal dari Madrasyah Aliah (MA) Roudlotut Tholibin Metro dari 28 Purwosari, Kecamatan Metro Utara.

Bahkan pertanyaan serupa sampai disampaikan ke provinsi untuk mengetahui kejelasannya.

"Mohon pencerahannya bapak/ibu Dikbud Lampung yang terhormat, apakah benar siswa/i MA tidak diperbolehkan mengikuti O2SN?" tanyanya. 

Sesuai pedoman O2SN 2024 jenjang SMA/MA/Sederajat, sasaran peserta adalah peserta, didik di Sekolah Menengah Atas(SMA)/Madrasah Aliyah (MA) atau yang sederajat dari seluruh Indonesia baik negeri maupun swasta sepanjang memenuhi persyaratan.

Terkait dengan penentuan juara dari beberapa nomor lomba, ditentukan dan dikoordinasi dengan juri dan panitia setempat tingkat kabupaten/kota dan yang telah disepakati saat Technical Meeting. 

Dalam penjelasannya, siswa SMA/MA berhak mengikuti O2SN 2024 yang dilaksanakan oleh, Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kemendikbudristek.

BACA JUGA:Tim Basket SMA Yos Sudarso Tembus di Ajang DBL Series Lampung, Ini Atletnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: