Ondol-ondol, Cemilan Maknyus, Tak Lekang Oleh Waktu

Ondol-ondol, Cemilan Maknyus, Tak Lekang Oleh Waktu

Foto: Ondol-ondol, Cemilan Maknyus, Tak Lekang Oleh Waktu-(Admi Syarif)-

RADARMETRO - Pertama-tama tentu kita turut duka cita atas wafatnya kanda Prof. Sahala S Padjaitan. Rest In Peace  Prof dan semoga keluarga diberi penghiburan.

Menjelajahi kuliner tradisional nusantara memang selalu saja menarik, apalagi kukiner-kuliner kenangan saat masih kanak-kanak yang maknyus  patut dibanggakan. Sarapan pagi ini, saya disuguhi penganan ringan untuk menemani Kopi pagi. Makanan itu dikenal dengan anma Misro, sebagian orang  Jawa menyebutnya Ondol-ondol. Misro adalah sebutan orang Sunda, mungkin karena aMIS di jeRO he he he.

Misro alias Ondol-ondol singkong adalah panganan ringan yang terbuat dari bahan singkong yang diparut, kemudian diberi fika aren di dalamya dan digoreng hingga kering. Jajanan ringan ini berasal dari Jawa Tengah yang kemudian menyebar ke berbagai daerah di Indonesia.

BACA JUGA:Taman Kehati Masih Jadi Primadona Tempat Wisata Satu-satunya Di Mesuji

Ondol-ondol sangat digemari masyarakat karena rasanya yang gurih/manis dan teksturnya yang kenyal. Sebagai cemilan, ondol cocok dihidangkan dengan teh hangat atau kopi. Apalagi kalau sambil melihat wajah sang pujaan hati yang tersenyum.

Cara pembuatan ondol-ondol menurut mbak Ti (asisten RT di rumah MEpet saWAH) juga tergolong cukup mudah, dimulai dari singkong yang diparut halus, lalu dicampur dengan sedikit  garam. Kemudian, bahan-bahan tadi dibuat seperti adonan dan dibentuk bulat-bulat kecil dan diberikan gula aren digoreng hingga kering kekuningan.

BACA JUGA:Delapan oleh-oleh Khas Lampung yang Wajib Dibawa Pulang Usai Liburan

Bagi ente yang ingin kembali merasakan  kenikmatan ondol singkong, ayo  buat sendiri di rumah. Mudah kok gaes ! Jadi, tunggu apa lagi? Ayo, lestarikan kuliner tradisional kita dengan menikmati misro yang lezat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: