Ombudsman RI Turun, Standar Pelayanan Polres Metro Diperiksa!

Ombudsman RI Turun, Standar Pelayanan Polres Metro Diperiksa!

Foto : Tim Penilai dari Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Lampung melakukan penilaian di Polres Kota Metro.-(Ria Riski A.P)-

RADARMETRO - Kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik di Kepolisian Resort (Polres) Kota Metro diperiksa.

Di mana pemeriksaan dilakukan sebagai penilaian atas penyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat yang dilakukan langsung oleh Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Lampung, Kamis (18/7/2024). 

Kapolres Metro AKBP Heri Sulistyo Nugroho, mengatakan kedatangan Tim Ombudsman RI Perwakilan Lampung  dalam rangka melaksanakan penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik. Ini sebagai diatur dalam  Undang-Undang (UU) Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

"Jadi kedatangan Tim Ombudsman RI Perwakilan Lampung ini untuk melakukan survey terhadap pelayanan publik di Polres Metro," terangnya 

Ia menjelaskan, adapun pemeriksaan tersebut dilakukan pada dokumen pelayanan dan pengecekan ruangan pelayanan. 

BACA JUGA:Pastikan Alat Uji Kendaraan Akurat, Ini yang Dilakukan UPT PKB Dishub Metro!

Kemudian pengecekan standar pelayanan, penilaian kompetensi penyelengaraan layanan dan  wawancara kepada responden secara acak. 

"Wawancara ini dilakukan untuk responden yang sedang melakukan pembuatan SIM (Surat Izin Mengemudi) dan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)," terangnya. 

Lebih lanjut, Kapolres mengemukakan bahwa dalam mekanismenya, tim penilai akan melakukan observasi mengenai standar pelayanan publik. Kemudian mengecek dokumen kelengkapan di pelayanan publik Polres Metro.

Menurutnya, dalam penilaian tersebut terdapat beberapa indikator utama dalam penilaian kepatuhan. Adapun indikator tersebut antara lain kompetensi penyelenggara, sarana prasarana ruang pelayanan, dan pengelolaan pengaduan

"Kemudian tanggapan pengguna layanan dan jaminan keamaman dan keselamatan. Contohnya seperti kamera pengawas atau CCTV,l dan APAR (alat pemadam api ringan). Selain itu juga jalur evakuasi dan titik kumpul serta inovasi dalam memberikan pelayanan," bebernya. 

BACA JUGA:Pemkab Tubaba MoU dengan Ombudsman RI, Ini Targetnya

Ia menambahkan, indikator lain dalam penilaian tersebut antara lain penanganan pengaduan masyarakat. Kemudian pelayanan kepada kelompok rentan dan marginal yang membutuhkan pelayanan khusus.

"Karena ini kami bersyukur dengan pelaksanaan monitoring oleh Ombudsman. Kami juga terus berkomitmen untuk berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat khususnya di Kota Metro," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: