Peringati Hari Statistik Nasional ke-64, BPS Kota Metro Gelar Senam Bersama dan Donor Darah

Peringati Hari Statistik Nasional ke-64, BPS Kota Metro Gelar Senam Bersama dan Donor Darah

Foto : Dalam rangka memperingati HSN, BPS Kota Metro menggelar kegiatan senam bersama dan bhakti sosial donor darah. --

Ia mengatakan, kegiatan HSN yang dirangkai dengan kegiatan senam bersama dan bhakti sosial donor darah tersebut, dilakukan agar BPS lebih dekat dan bermanfaat kepada masyarakat. 

Terlebih dalam kegiatan tersebut, pihaknya juga menggandeng sejumlah OPD terkait. Diantaranya seperti Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) yang mensosialisasikan dan memberikan layanan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD).

"Kemudian PT Jasa Raharja yang memberikan cek kesehatan gratis. Kami juga mengundang sejumlah mitra BPS dan perusahaan responden seperti Hotel Aidea. Selain itu juga pegawai dan masyarakat untuk memeriahkan acara HSN," terangnya, Jumat 20 September 2024.

BACA JUGA:Cegah Street Crime di Malam Hari, Polres Tulang Bawang Optimalkan Patroli Kota Presisi

Arum juga menjelaskan, peringatan HSN sejatinya diperingati setiap 26 September. Di mana pada peringatan HSN kali ini, BPS Kota Metro mengusung tema dengan Statistik Berkualitas Menggapai Indonesia Emas 2025.

"Nah di BPS Kota Metro ini mencoba meningkatkan literasi statistik dan melakukan berbagai pembinaan statistik baik di OPD, kampus maupun masyarakat melalui kelurahan," ungkapnya. 

Diakui Arum, untuk dapat mewujudkan satu sistem statistik nasional bukan hanya menjadi tugas BPS, namun juga seluruh lapisan masyarakat. 

Oleh karena itu, pihaknya terus meningkatkan kerjasama dengan sejumlah OPD, termasuk akademisi seperti STIMIK Dharma Wacana Kota Metro. 

"Insya Allah kedepan kita juga akan bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Metro," katanya. 

Lebih lanjut, Arum mengemukakan, bahwa data-data statistik telah dipercaya sebagai data rujukan nasional. Di mana dengan data tersebut akan terlihat seberapa jauh keberhasilan kinerja dari pemerintah. 

"Karena itu kita terus berupaya bagaimana untuk mewujudkan statistik berkualitas, melalui peran serta seluruh masyarakat dalam meningkatkan literasi statistik. Sehingga kedepan ketika ada survei atau sensus, mereka tidak ragu untuk memberikan datanya secara akurat," paparnya. 

Menurutnya, pendataan yang dilakukan oleh BPS bertujuan untuk mensupport data pemerintah dalam hal perencanaan. Selanjutnya, dari data tersebut nantinya akan dikembalikan ke masyarakat dalam bentuk pembangunan. 

"Karena itu dengan adanya kegiatan HSN ini kami berharap masyarakat jadi lebih tahu apa yang dilakukan BPS. Ini khususnya dalam untuk menghasilkan data statistik yang berkualitas menuju Indonesia Emas tahun 2025," tutupnya. 

BACA JUGA:Tim PkM UM Metro Tingkatkan Kesadaran Pertanian Organik di KWT Kalibening

Sementara itu, dalam rangkaian peringatan HSN tersebut, BPS Kota Metro juga memberikan penghargaan kepada sejumlah OPD yang turut berpartisipasi pada kegiatan sistem statistik nasional. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: