Yamanika dan Kajati DKI Jakarta Bagikan 500 Paket Sembako di Pugung Lamtim

Yamanika dan Kajati DKI Jakarta Bagikan 500 Paket Sembako di Pugung Lamtim

Foto: Terlihat antrean warga saat menerima pemberian sejumlah 500 paket sembako di Taman Purbakala Pugung Raharjo, Kabupaten Lampung Timur.-(Musanif Effendi)-

RADARMETRO - Yayasan Amanah Kemanusiaan dan Keadilan (Yamanika) melakukan kolaborasi dengan Yayasan Karya Bhakti ADHYAKSA DKI Jakarta dengan menggelar bhakti sosial untuk masyarakat Desa Pugung Raharjo, Kecamatan Sekampung Udik, Kabupaten Lampung Timur, Sabtu (28/1/2023).

Dari kolaborasi tersebut, menyediakan sejumlah 500 paket sembako kebutuhan sehari-hari untuk masyarakat sekitar Taman Purbakala Pugung Raharjo. Setiap warga mendapatkan paket sembako yang didalamnya berisi beras 5 kg, minyak goreng 2 liter, mie instan, gula 1 kg, dan tepung terigu.

Kepala Yamanika Fahuri Wherlian Ali KM mengatakan, gelaran bhakti sosial (Baksos) ini sudah dilakukan sejak Pandemi Covid-19 melanda yakni, tepatnya dimulai tahun 2020 silam. Namun, jalinan kolaborasi bersama Yayasan Karya Bhakti ADHYAKSA baru dilakukan kali ini.

"Alhamdulillah bakti sosial secara konsisten terlaksana sejak awal pandemi di setiap Jumat," ujarnya.

Owner warta coffee dan koffie swoning itu berharap, agenda bhakti sosial ini dapat membantu meringankan beban masyarakat terdampak Pandemi Covid-19 hingga resesi ekonomi. 

"Sejak pandemi banyak masyarakat terdampak pandemi dan Presiden mengatakan 2023 ini potensi resesi ekonomi dunia bisa berdampak di Indonesia," bebernya

"Untuk itu, Yamanika mengajak seluruh anggota dan masyarakat yang berkelebihan ekonomi untuk membantu sesama guna meringankan sedikit beban warga," imbuhnya.

Lebih jauh, kata Wherlian, sejak berdiri Yamanika pada tahun 2020 lalu, setiap pekan melakukan Jumat berkah di kedai Koffie Swoning. Dengan membagikan sebanyak 75 sampai 100 porsi makan gratis untuk masyarakat sekitar yang membutuhkan.

Yayasan Karya Bhakti ADHYAKSA, yang diketuai Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) DKI Jakarta Dr Reda Manthovani berharap, bantuan ini dapat sedikit meringankan sedikit beban warga. 

Yang menarik, kedatangan Dr Reda sekaligus menjalin kolaborasi untuk kali pertama itu bermula saat tayangan bhakti sosial yang dilaksanakan oleh organisasi Yamanika di kanal YouTube. Sehingga, ia menaruh empati sekaligus berniat ikut andil dalam menyalurkan bantuan secara langsung.

"Saya datang kesini sebagai yayasan. Saya datang kesini sudah empat atau lima kali lihat di YouTube tempatnya indah. Makanya saya minta teman-teman Yamanika untuk mengumpulkan warga dalam rangka berbagi, karena saya setahun terakhir sering kesini," ungkapnya.

Di sisi lain, Dr Reda menaruh harapan besar kepada masyarakat sekitar situs Purbakala Pugung Raharjo, seyogyanya dapat merawat sekaligus melestarikan peninggalan bersejarah yang tak ternilai harganya.

"Pesan saya karena ini situs purbakala agar terus menjaga dan melestarikan situs dan keindahan alamnya," kata Reda Manthovani.

Dalam agenda bhakti sosial yang berlangsung di sekitar area Taman Purbakala Pugung Raharjo, tampak hadir Ketua KPID Lampung Budi Jaya Idris, Ketua Humanika Lampung Rudi Antoni, DKPP Perwakilan Lampung dan Founder Yamanika Topan Indrakarsa, Sekretaris Yamanika Mandayanti, Wakil Ketua Organisasi PWI Lampung Eka Setiawan, Presidium Humanika Yondri, Seksi Kesenian dan Budaya PWI Lampung Erlan Heriyanto, dan Kepala Desa Pugung Raharjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: