Ragam Metode Berkebun di Lahan Sempit

Ragam Metode Berkebun di Lahan Sempit

Foto: Metode Berkebun di Lahan Sempit-(Istimewa)-

Larutan nutrisi ditarik ke dalam media tumbuh dari wadah nutrisi dengan sumbu, biasanya sumbu menggunakan kain flannel atau jenis bahan lain yang mudah menyerap air.

Sistem wick biasanya menggunakan media tanam seperti rockwool, perlite, vermiculite, batu kerikil, hydroton, sekam bakar, dan cocopeat. Cara menanam hirdroponik yaitu mempersiapkan alat dan bahan, membuat sistem wick, memilih benih, penyemaian benih, menyiapkan larutan nutrisi, proses pindah tanaman, merawat tanaman, dan panen.

Media yang dapat dimanfaatkan untuk menanam dengan metode hidroponik adalah pipa paralon, botol plastik, dan lain sebaginya. Contoh menanam dengan metode hidroponik menggunakan pipa paralon yang dimana pipa tersebut dilubangin kemudian di dalam pipa paralon tersebut diisi dengan tanaman.

Adapun kelebihan dari metode hidroponik yaitu kebersihan produk lebih terjaga, waktu tanam lebih singkat, produk yang dihasilkan lebih sehat dan segar, hemat energi, dan pengendalian hama lebih mudah.

Metode berkebun di lahan sempit yang terahir adalah aeroponik. Aeroponik merupakan metode menanam tanaman yang media tanam yang akarnya menggantung di udara dan tidak menggunakan media tanah. Pada metode ini, akar tanaman dibiarkan menggantung di tempat yang kelembapannya terjaga.

Air yang telah diberi larutan hara di semprotkan ke akar tanaman dalam bentuk kabut. Akar tanaman yang ditanam menggantung akan menyerap larutan hara tersebut. Air yang disemprotkan ke akar tanaman menggunakan irigasi sprinkler.

Cara menanam aeroponik yaitu, mula-mula tanam benih dan harus disemai dulu pada rockwool. Kemudian, benih tersebut ditaruh di dalam wadah Sterofoam yang tutupnya sudah diberi lubang agar tanaman dapat tumbuh. Lalu siapkan pompa air di dasar wadah dengan alat untuk menyemprot uap (sprinkler).

BACA JUGA:Sulap Limbah Sayur Menjadi Jalan Pintas Peningkatan Ketahanan Pangan Warga Tangerang

Kelebihan dari aeroponik adalah hasil tanaman mempumyai kualitas yang bagus, sehat, segar, higenis, beraroma, dan citarasa yang lebih lezat daripada berkebun dengan cara biasa. Metode aeroponik sangat cocok untuk menanam sayuran seperti kangkong, selada, bayam, dan basil.

Jenis tanaman yang sering ditanam secara aeroponik pada umumnya berupa sayuran daun yang waktu panennya sekitar satu bulan.

Demikianlah berbagai metode berkebun di lahan sempit yang dapat kalian gunakan. Dari keempat metode di atas, mana yang sangat cocok dengan kondisi rumahmu? Selamat mencoba!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: