Akhirnya 5 Jemaah Lunas Tunda Bisa Diberangkatkan Tahun ini

Akhirnya 5 Jemaah Lunas Tunda Bisa Diberangkatkan Tahun ini

Foto : Sejumlah persiapan dilakukan para CJH asal Kota Metro. Ini seperti dengan melakukan persiapan Haji melalui kegiatan Manasik Haji. -(Ria Riski A.P)-

RADARMETRO - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Metro memastikan Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kota Metro akan diberangkatkan pada 4 Juni mendatang. Pemberangkatan CJH ke tanah suci Mekkah tersebut akan dilakukan bersamaan dengan rombongan jemaah asal Kota Bandar Lampung

Dikonfirmasi awak media, Kepala Kantor Kemenag Kota Metro Jamaluddin melalui Kasi Urusan Haji dan Umroh Kantor Kemenag Kota Metro, Nuryanah menjelaskan, sebanyak 317 CJH yang akan diberangkatkan pada haji 4 Juni mendatang. Jumlah tersebut sudah termasuk 2 petugas yang akan mendampingi jemaah selama di tanah suci.

"Jadi total jemaah kita yang akan diberangkatkan itu ada 317 jemaah. Dimana 2 orang merupakan petugas Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) dan Tim Kesehatan Haji Daerah (TKHD)," jelasnya, Rabu (31/5/2023).

BACA JUGA:315 CJH Metro Siap Diberangkatkan, 5 Jamaah Masuk Daftar Lunas Tunda

Menurutnya, selain memberangkatkan 315 CJH nantinya juga akan diberangkatkan 5 CJH yang sebelumnya masuk dalam daftar lunas tunda. Namun untuk 5 jemaah tersebut masih menunggu jadwal dari daerah lainnya untuk diberangkatkan.

"Untuk tanggal pemberangkatannya belum dipastikan. Tapi lima jemaah ini akan diberangkatkan tahun ini," terangnya.

Menurutnya, pada pemberangkatan Haji tahun ini Kota Metro masuk dalam kloter 36. Nantinya jemaah haji Metro akan bergabung dengan jemaah Bandarlampung untuk memenuhi satu kloter.

"Jadi selain jemaah dari Metro untuk pemberangkatan Kloter 36 ini ada juga jemaah dari Bandarlampung. Karena kuota kita belum cukup untuk memenuhi satu kloter pemberangkatan," ungkapnya.

Ia menambahkan, sesuai jadwal pemberangkatan jemaah akan dilepas langsung oleh Walikota Metro di Masjid TaqwaTaqwa pukul 10.00 WIB. Kemudian jemaah akan diterima si Asrama Haji Rajabasa pukul 14.00 WIB.

BACA JUGA:Pemkot Metro Subsidi OTD Haji Rp1,2 M, Per Jamaah Dapat Rp3,8 Juta

Sebelumnya, sebanyak 320 Jamah Calon Haji (JCH) asal Kota Metro telah melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Dari jumlah tersebut 315 CJH dipastikan dapat berangkat tahun ini. Sementara 5 orang CJH lainnya masih menunggu pelunasan jemaah dari daerah lain. Namun jemaah tersebut dapat dipastikan masuk dalam daftar lunas tunda tahun 2024 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: