Disdukcapil Metro Pastikan Seluruh Pelayanan Kependudukan Gratis, Tindak Tegas Oknum Nakal

Disdukcapil Metro Pastikan Seluruh Pelayanan Kependudukan Gratis, Tindak Tegas Oknum Nakal

Foto : Kepala Disdukcapil Kota Metro Ika Pusparini Anindita Jayasinga memastikan seluruh pelayanan administrasi kependudukan diberikan secara gratis kepada masyarakat.-(Ria Riski A.P)-

RADARMETRO - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Metro memastikan seluruh pelayanan administrasi Kependudukan masyarakat diberikan secara gratis.

Karenanya pihaknya akan menindak tegas oknum yang meminta uang sebagai biaya pelayanan warga.

Demikian disampaikan Kepala Disdukcapil Kota Metro, Ika Pusparini Anindita Jayasinga, Kamis (15/6/2023).

Ia mengatakan, bahwa seluruh pelayanan di Disdukcapil diberikan secara gratis.Karenanya masyarakat diminta untuk mengurus administrasi kependudukannya. 

BACA JUGA:Tinjau Kantor Disdukcapil, Wahdi Minta Tingkatkan Pelayanan

"Seluruh pelayanan administrasi tidak dipungut biaya alias gratis. Jadi jika ada yang meminta uang dari oknum tertentu laporkan ke kami. Kami dan akan tindaklanjuti dengan tegas," ungkapnya.

Ditanya mengenai maraknya kabar perpindahan Kartu Kelurga (KK)  menjelang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), ia mengaku tingmat perpindahan KK tersebut masih rendah.

Menurutnya, untuk pemohon perubahan KK itu masih relatif sedikit.

"Mungkin terjadi perubahan itu seperti mengikuti kakeknya, pamannya, dan neneknya. Tapi memang jumlahnya tidak banyak," jelasnya.

BACA JUGA:Lewat Program Nasi Ketan, DPMPTSP Jemput Bola Layanan Perizinan

Meski demikian ia mengaku, bahwa  perpindahan KK tersebut terbuka untuk seluruh kalangan masyarakat. Terlebih jika syarat perpindahan tersebut sudah lengkap. 

"Jadi perpindahan itu kita tidak bisa menghalangi. Karena itu kan merupakan hak setiap warga, dan akan kami layani dengan baik," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: