Akui Belum Temukan Kasus Rabies di Metro, DKP3 Bersiap Vaksinasi

Akui Belum Temukan Kasus Rabies di Metro, DKP3 Bersiap Vaksinasi

Foto : Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Peternakan (DKP3) menyiagakan UPT Puskeswan dalam penanganan kesehatan hewan di Kota Metro.-(Ria Riski A.P)-

RADARMETRO - Pemerintah Kota (Pemkot) Metro melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Peternakan (DKP3) Kota Metro mengakui belum menemukan kasus rabies yang menyerang manusia di kota setempat. 

Demikian disampaikan Kepala DKP3 Kota Metro Hery Wiratno melalui  Kepala UPT Puskeswan, drh. Fransisca Natalia S, Kamis (22/6/2023).

Ia mengatakan, hingga kini pihaknya belum mendapatkan laporan masyarakat yang terinfeksi rabies. Menurutnya, laporan mengenai adanya kasus rabies yang menyerang manusia biasanya disampaikan oleh Dinas Kesehatan

"Karena kalau ada laporan rabies, korbannya atau orangnya akan ditangani oleh Dinas Kesehatan. Sedangkan untuk hewan yang menggigitnya akan ditangani peternakan. Nanti kita akan observasi dengan cek lab hewan yang menggigitnya, apakah terkena rabies atau tidak," katanya. 

BACA JUGA:Produk Instalasi Gizi RSU Muhammadiyah Metro Dijamin Halal, Ini Buktinya

Ia menjelaskan, bagi hewan yang terpapar virus rabies tersebut memiliki beberapa gejala. Hewan akan menjadi lebih agresif, tidak tenang, dan menggigit apa saja yang ada di sekitarnya. 

"Selain itu juga produksi air liur akan berlebihan. Hewan ini juga cenderung menyendiri, takut air dan cahaya, serta ekornya ditekuk di antara kaki belakang," paparnya. 

Diakuinya, upaya pencegahan penularan penyakit rabies juga telah dilakukan setiap tahunnya. Langkah tersebut dilakukan dengan vaksinasi rabies kepada hewan pemeliharaan seperti anjing, kucing, dan kera

"Vaksin ini kita berikan secara gratis. Biasanya vaksinasi rabies kita lakukan di bulan September. Tapi kalau vaksinnya ada bisa kita berikan," ujarnya. 

Meski demikian, tambahnya, upaya pencegahan juga tidak harus dilakukan oleh masyarakat. Ini dengan menjaga dan merawat hewan peliharaannya dengan baik. 

BACA JUGA:Tim Dokter RSCM Ungkap Penyebab Fajri Obesitas Meninggal Dunia

"Selain itu pemilik hewan juga harus bertanggungjawab dengan hewannya. Jangan diliarkan karena itu bisa membahayakan orang lain. Kemudian beri makan yang cukup agar tidak keluar rumah," pesannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: