Wujudkan Reformasi Birokrasi, OPD Diminta Tingkatkan Pelayanan Publik

Walikota Metro juga menyerahkan penghargaan hasil evaluasi pelayanan publik tahun 2024 kepada OPD. --Dok Radarmetro.disway.id
KOTAMETRO, RADARMETRO.DISWAY.ID - Pemerintah Kota Metro mengingatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.
Di mana peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat, dilakukan dalam mewujudkan reformasi birokrasi.
Walikota Metro, Bambang Iman Santoso mengatakan bahwa kecepatan, kemudahan, dan transparansi menjadi tuntutan yang harus dipenuhi pemerintah dalam memberikan pelayanan publik.
"Pelayanan publik adalah wujud nyata reformasi birokrasi. Untuk itu layanan harus selalu responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Sehingga mampu meningkatkan kepercayaan publik," ujarnya.
BACA JUGA:DESAKU MAJU, Pacu Pertumbuhan Ekonomi Lampung yang Inklusif, Mandiri dan Inovatif
Oleh karena itu, Bambang meminta OPD untuk tidak berpuas diri. Kemudian melakukan evaluasi serta pembenahan pelayanan secara berkelanjutan.
"Sehingga kualitas layanan publik semakin prima, dan dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat Kota Metro," pesannya.
Diketahui, sebelumnya Pemkot Metro menggelar sosialisasi penyelenggaraan pelayanan publik bagi OPD pelayanan publik. Kegiatan tersebut digelar di Aula Pemkot Metro pada Senin 2 Juni 2025.
Dalam kesempatan tersebut, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Lampung, Nur Rakhman Yusuf, menyampaikan mengenai pentingnya pelayanan publik.
BACA JUGA:BRI Liga 1 2024/2025 Resmi Ditutup, Sepak Bola dan Ekonomi Lokal Makin Bergeliat
Di mana pelayanan publik yang diberikan tidak hanya normatif, tetapi juga implementatif serta berdampak langsung bagi masyarakat.
"Fungsi utama kehadiran negara dan pemerintahannya adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat. Saya mengingatkan bahwa tugas kita bukan hanya menerima dan meningkatkan laporan masyarakat, tetapi juga mencegah maladministrasi," serunya.
Ia juga mengapresiasi kinerja Pemkot Metro yang telah menunjukkan peningkatan signifikan. Kendati begitu, ia mengingatkan bahwa penilaian bukanlah tujuan akhir.
"Penilaian bukan hanya untuk kontrol, tetapi untuk memperbaiki kualitas pelayanan di OPD. Untuk itu, mari kita tetap berkomitmen memperbaiki layanan publik secara konsisten," tambahnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: