Peternakan Telaga Rizky 21 Metro Olah Susu Kambing Cair Jadi Bubuk

Peternakan Telaga Rizky 21 Metro Olah Susu Kambing Cair Jadi Bubuk

Foto: Produk Peternakan Kambing Perah Telaga Rizky 21 Kota Metro yang terdiri dari susu murni seharga Rp35.000 perliter, Rizmilk (Susu Cair Pasteurisasi) Rp13.000 perbotol, dan Rizqiku (Susu Kambing Bubuk) Rp35.000 perkemasan 250 gram.-(Istimewa)-

RADARMETRO - Peternakan Telaga Rizky 21 Kota Metro, berhasil mengolah susu kambing perah menjadi berbagai varian produk bernilai ekonomis tinggi. Mulai dari susu murni hingga susu kambing bubuk.

Biasanya susu kambing hanya dijual murni alias habis diperah langsung dikonsumsi, tidak dengan peternakan kambing Telaga Rizky 21 yang berada di Jalan Sepat nomor 3, RT/RW 27/11, Kelurahan Yosodadi, Kecamatan Metro Timur, Kota Metro.

Di peternakan Telaga Rizky 21 selain membudidayakan berbagai jenis kambing berkualitas, tapi juga memproduksi susu kambing sendiri. 

Tak sampai di situ, peternakan tersebut juga mengolah susu cair menjadi susu bubuk rasa vanilla, gula aren, dan jahe.

Owner Telaga Rizky 21, Winarko Heri Setiono mengatakan saat ini telah memiliki lebih dari 100 ekor kambing berbagai jenis di antaranya, Sapera, Saanen, Peranakan Etawa (PE), dan Rambon.

“Kami mengembangkan beberapa jenis kambing perah serta mengolah susu kambing menjadi beberapa varian produk,” ujarnya saat dikonfirmasi awak media, Rabu (26/7/2023).

Heri juga mengatakan selain mengembangkan berbagai jenis kambing, di peternakannya juga memproduksi susu murni serta olahan susu kambing yang berkualitas, higienis, dan tentunya telah mendapatkan sertifikasi laik konsumsi.

"Produk-produk kita semua sudah tersertifikasi baik itu HALAL dari MUI maupun dari kesehatan," tegasnya.

Dijelaskan oleh Heri lokasi yang berada di tengah perkotaan itu sangat berkontribusi untuk masyarakat dalam memenuhi protein hewani sekaligus membuka lapangan pekerjaan.

"Tujuannya agar peternak kambing perah terus tumbuh dan membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitar," jelasnya.

Selain itu, Heri juga mengatakan, Peternak Telaga Rizky 21 juga menerima berbagai kalangan yang ingin mendalami dunia wirausaha kambing perah.

BACA JUGA: Khusus Wanita Dewasa! Coba Trik Ini Agar Pasangan Makin Bergairah di Ranjang

"Kami menerima PKL, magang, dan sebagainya dari akademisi, praktisi, serta kelompok tani atau panti untuk sama-sama belajar," ungkapnya.

Heri juga menambahkan saat ini peternakan yang dikelolanya telah menjadi salah satu bagian dari Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) di Provinsi Lampung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: