Ian Kasela Dituntut Ganti Rugi Rp 20 Miliar, Ini Penyebabnya

Ian Kasela Dituntut Ganti Rugi Rp 20 Miliar, Ini Penyebabnya

Foto : Ian Kasela dituntut Rp 20 miliar terkait pencatutan lagu Cinderella-(Istimewa)-

RADARMETRO - Vokalis grup band Radja Iandika Mulya Ramadhan atau yang dikenal dengan Ian Kasela mendapat somasi dari seorang pria bernama Rival Achmad Labbaika atau Ipay terkait lagu berjudul 'Cinderella'.

Kuasa hukum Ipay, Minola Sebayang menjelaskan duduk perkara hingga kliennya melayangkan somasi terhadap Ian Kasela.

Menurut Minola lagu 'Cinderella' adalah lagu yang diciptakan oleh kliennya, Ipay, meskipun lagu tersebut dipopulerkan oleh Ian Kasela dan grup bandnya Radja.

"Dari tahun 1996 lagu ‘Cinderella’ ini sudah dinyanyikan dan dibawakan Rival (Ipay), jadi jauh sebelum lagu ‘Cinderella’ dinyanyikan Ian Kasela band Radja,” ujar Minola, Jumat (28/7/2023).

Bahkan pada tahun 1998 Ipay juga sempat melakukan proses rekaman lagu tersebut bersama grup bandnya Fresh Band.

“Ini lagu sudah sering dinyanyikan dan dibawakan oleh Rival (Ipay). Jadi secara hukum kami sudah mempublikasikan,” lanjut Minola.

Minola mengatakan pada tahun 2003 Ian Kasela menghubungi Ipay untuk meminta izin membawakan lagu tersebut bersama bandnya Radja.

"Di tahun 2003, Ian Kasela mendatangi klien kami untuk meminta izin agar dirinya dan grup band Radja membawakan lagu tersebut, dan dalam perjanjiannya, mereka sepakat untuk membuat kontrak kerjasama penggunaan lagu tersebut. Tapi sampai detik ini ternyata tidak kunjung dibuatkan mereka," ujar Minola.

BACA JUGA:Setelah Bakar Al-Quran Kini Swedia Izinkan Pembakaran Taurat, Israel Kebakaran Jenggot

Lalu sekitar tahun 2003 atau 2004 Ipay sempat menyaksikan lagu 'Cinderella' dibawakan oleh Radja dalam sebuah acara di televisi, dimana pada keterangan lagu tertulis pencipta lagu adalah Ian Kasela dan Ipay.

Ipay yang merasa menciptakan lagu tersebut sendirian awalnya menduga hal tersebut hanyalah kebetulan atau ketidaksengajaan.

"Akhirnya ini jadi keterusan, kami berpikir itu salah tulis, tapi akhirnya kemudian terus menerus (tertulis) Ian dan Ipay... bahkan di album kedua dan ketiga Radja itu lagu ‘Cinderella’ tetap tertulis (penciptanya) Ian Kasela dan Ipay,” ucap Minola.

Ipay merasa dirugikan karena Ian Kasela telah mencatut lagu 'Cinderella' terlebih lagi dirinya selama ini tak pernah mendapat royalti atas lagu tersebut.

Bahkan menurut Minola, Ian Kasela sudah mendaftarkan lagu 'Cinderella' ke Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN) dengan keterangan pencipta lagu atas nama Ian Kasela sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: