IAIM NU Resmi Jadi UMALA Metro, Rektor: Keberkahan Konferwil XI

IAIM NU Resmi Jadi UMALA Metro, Rektor: Keberkahan Konferwil XI

Foto: Prosesi penandatanganan prasasti kenaikan status dan perubahan nama perguruan tinggi yang semula Institut Agama Islam Ma'arif (IAIM) NU menjadi Universitas Ma'arif Lampung (UMALA) Kota Metro oleh Ketum PBNU KH Yahya Cholil Staquf.-(MH Naim)-

RADARMETRO - Rektor Universitas Ma'arif Lampung (UMALA) Kota Metro, Mispani menyebut gelaran Konferwil ke-XI NU membawa keberkahan tersendiri bagi tuan rumah, Sabtu (29/7/2023).

Terpilihnya UMALA Metro sebagai venue Konferwil NU ke-XI Lampung tidak disia-siakan oleh pihak kampus. Dalam kesempatan itu juga menjadi momen penandatanganan prasasti peningkatan status Institut menjadi Universitas.

Kehadiran Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf selain membuka acara Konferwil juga menandatangani prasasti milik UMALA Metro.

"Kemudian kami menyiapkan untuk bagaimana ada sebuah kenangan dari PBNU untuk senantiasa memberikan barokah ya maka kami siapkan prasasti," ujar Mispani.

Mispani mengungkapkan prasasti yang dimaksud adalah tanda peningkatan status dan perubahan nama perguruan tinggi yang semula Institut Agama Islam Ma'arif (IAIM) NU menjadi Universitas Ma'arif Lampung (UMALA) Kota Metro.

"Penandatanganan Gus Yahya yang hadir pada saat ini memang kami agendakan momen (Penandatanganan prasasti) ini adalah untuk bagaimana kampus ini terdapat torehan-torehan para Kyai," ungkapnya.

Lebih lanjut, kata Mispani, secara berturut-turut Ketum PBNU sudah menorehkan catatan emas di kampus tersebut.

Mulai dari KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, selanjutnya KH Ahmad Hasyim Muzadi, kemudian KH Said Aqil Siradj, dan yang terakhir bersamaan dengan agenda Konferwil NU ke-XI yakni, KH Yahya Cholil Staquf.

BACA JUGA:Datangi Konferwil XI Lampung Naik Jet Pribadi, Gus Yahya: Saya Terpaksa

Mispani menjelaskan pihaknya sejak 7 Desember 2022 sudah menerima surat keputusan (SK) dari Kementrian Agama (Kemenag) RI terkait kenaikan status perguruan tinggi dari Institut menjadi Universitas.

"Ini SK sudah diterima oleh kita, kemudian pengembangan selanjutnya meningkatkan pengembangan fakultas dan prodi-prodi yang ada di kampus kita ini," jelasnya.

Dengan hal itu, kata Mispani, status menjadi universitas juga akan berdampak positif di bidang akademik dengan penambahan satu Fakultas yang di dalamnya akan memuat tiga program studi (Prodi).

Adapun fakultas yang dimaksud yakni Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) dengan prodi kimia, agribisnis, dan ilmu teknologi.

"Sehingga nanti akan lebih banyak lagi fakultasnya dan prodi-prodi di bawah Universitas Ma'arif Lampung ini," bebernya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: