Kobaran Api di Pabrik Tomo Berangsur Padam Setelah 18 Jam

Kobaran Api di Pabrik Tomo Berangsur Padam Setelah 18 Jam

Foto: Terlihat kendaraan Damkar Kota Metro saat meninggalkan titik api yang telah dinyatakan padam.-(MH Naim)-

RADARMETRO - Setelah 18 jam petugas pemadam kebakaran (Damkar) berjibaku, akhirnya kobaran api yang melahap PT Sinar Jaya Inti Mulia alias Pabrik Tomo Kota Metro mulai berangsur padam, Sabtu (5/8/2023).

Terbakarnya pabrik produksi CPO itu terjadi pada Jumat (4/8/2023). Tidak ada yang mengetahui pasti awal mula api muncul, tapi api mulai menjalar ke dalam Pabrik Tomo diperkirakan sekira pukul 17.30 WIB.

Peristiwa itu berlangsung sangat cepat, api langsung membesar dan menimbulkan kepulan asap hitam tebal membumbung tinggi di langit.

Selain kepulan asap tebal, warga yang berjarak 2 kilometer turut mendengar suara ledakan dari area pabrik tersebut sebanyak tiga kali saat detik-detik api membesar.

Belasan mobil petugas pemadam kebakaran (Damkar) Kota Metro serta dari daerah penyangga turut dikerahkan untuk menjinakkan api yang semakin membesar di malam hari.

BACA JUGA:Pemkot Metro Bentuk Tim Investigasi dan Pemulihan Kebakaran Pabrik Tomo

Hingga esok hari, Sabtu (5/8/2023) terpantau awak media petugas terus melakukan proses pemadaman. Alhasil setelah lebih dari 18 jam, tepatnya pukul 11.00 WIB terlihat kobaran api mulai berangsur padam.

Usai api padam, petugas Damkar Kota Metro langsung melakukan proses pendinginan. 

Terbakarnya Pabrik Tomo direspon cepat oleh pemerintah Kota Metro dengan membentuk tim investigasi dan pemulihan

Tim yang dipimpin oleh Wakil Walikota Metro Qomaru Zaman itu nantinya akan melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran.

BACA JUGA:Pabrik Tomo Kota Metro Terbakar, 16 Jam Api Belum Padam

Selain itu, tim tersebut juga akan melakukan upaya pemulihan produksi CPO di Pabrik Tomo dalam waktu dekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: