Jalan Nasional Inpres Secercah Harapan Bagi Petani Mesuji

Jalan Nasional Inpres Secercah Harapan Bagi Petani Mesuji

FOTO: HARAPAN PETANI: Jalan nasional Inpres menjadi harapan para petani di Kabupaten Mesuji untuk bisa maju dan bersaing dengan wilayah lain-(Nara J Afkar)-

"Alhamdulillah, hari ini saya bersama kepala BPJN turun langsung memantau tahapan pelaksanaan pembangunan jalan nasional yang dibiayai melalui inpres dengan total anggaran mencapai Rp. 92 Miliar lebih.

Oleh karena itu, saya atas nama masyarakat sangat gembira dan berterima kasih atas direalisasikannya program ini.

Tentunya, nanti sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat karena ini jalan poros jalan pokok untuk mengeluarkan hasil pertanian dan perkebunan seperti sawit, karet dan padi milik masyarakat,"Kata Sulpakar

Saat mendampingi tim dari PBJN Lampung meninjau progres jalan nasional di Desa Margo Jadi, Kecamatan Mesuji Timur, Kamis (10/08/2023).

Masih dikatakan Sulpakar, terlebih istimewa, Mesuji ini merupakan salah satu daerah penghasil padi terbesar kedua di Lampung kualitasnya.

Dengan luasan lahan areal persawahan yang mencapai yang lebih kurang mencapai 30 ribu hektare lebih membuat Surplus padi Mesuji sebesar 163 ton tahun ini.

"Inysa Allah jika jalan ini rampung dan bagus nanti akan semakin meningkatkan minat dan semangat masyarakat kita untuk berkebun dan bertani.

Perlu kita ketahui selama ini bahwa biaya transportasi petani untuk mengeluarkan hasil bumi nya sangat besar karena kondisi jalan yang rusak,"tambahnya.

Dipaparkannya, selama ini petani di Mesuji ketika akan mengeluarkan hasil bumi, terutama padi yang banyak dapat uang justru tukang ojek motor.

Dari hasil panen padi itu dalam satu motor petani hanya dapat Rp. 6000 rupiah. Sementara yang punya motor dapat Rp. 30.000 rupiah.

"Jadi sangat miris karena biaya angkut hasil bumi lebih besar dari penghasilan petani nya. Mudah-mudahan dengan adanya bantuan pembangunan jalan ini dari pemerintah pusat akan memaksimalkan perekonomian masyarakat khususnya para petani, hasil panen melimpah, biaya transportasi ringan. Tentu pendapatan petani akan semakin meningkat," paparnya.

"Atas nama pemerintah Kabupaten Mesuji, provinsi Lampung, dan atas nama masyarakat Mesuji kami mengucapkan terimakasih atas program pembangunan jalan nasional ini yang dilakukan melalui pembiayaan atas inpres.

BACA JUGA:Anggota TNI Geruduk Polrestabes Medan, Puspom TNI: Unjuk Kekuatan Untuk Pengaruhi Proses Hukum

Semoga ini bermanfaat bagi masyarakat yakni menekan pembiayaan untuk mengangkut dan mengeluarkan hasil pertanian, akhirnya meningkatkan pendapatan masyarakat," tutup Sulpakar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: