Ini 5 Kabupaten/Kota Terendah PDRB nya di Lampung

Ini 5 Kabupaten/Kota Terendah PDRB nya di Lampung

Foto: Ilustrasi --

RADARMETRO- Provinsi Lampung yang terletak di ujung selatan Pulau Sumatera memiliki luas wilayah mencapai 33.575,41 km2.

Provinsi Lampung terdiri dari 13 kabupaten dan 2 kota dengan kabupaten terluas yakni Lampung Tengah dengan luas wilayah  4.548,93 km2 dan wilayah terkecil yaitu Kota Metro dengan luas hanya 73,21 km2.

Provinsi Lampung merupakan salah satu daerah penghasil komoditi pertanian strategis yang menjadi pendukung ketahanan pangan nasional.

Selain pangan, komoditi unggulan Lampung lainnya yaitu pada sektor perkebunan yang memberikan sumbangan pada perekonomian negara.

Komoditi unggulan perkebunan Lampung antara lain : kopi robusta, lada hitam, kakao, karet, kelapa dalam, kelapa sawit, dan tebu.

Berdasarkan data besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku pada triwulan I tahun 2022 ekonomi Provinsi Lampung mencapai angka Rp 94.788,15 miliar.

Sementara itu PDRB atas dasar harga berlaku pada triwulan yang sama untuk 15 kabupaten/kota di Provinsi Lampung memiliki besaran yang bervariasi.

Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) merupakan salah satu indikator penting untuk mengetahui kondisi ekonomi di suatu daerah dalam suatu periode tertentu, baik atas dasar harga berlaku maupun atas dasar harga konstan.

Tujuan dari menghitung PDRB adalah untuk membantu membuat kebijakan daerah atau perencanaan, evaluasi hasil pembangunan, memberikan informasi yang dapat menggambarkan kinerja perekonomian daerah.

Berdasarkan data PDRB atas dasar harga berlaku pada triwulan I tahun 2022 Kabupaten Lampung Tengah menjadi daerah dengan PDRB terbesar, sementara Kota Bandar Lampung menempati peringkat kedua dengan PDRB sebesar Rp 67.940,87 miliar.

Sementara itu terdapat setidaknya 5 daerah terendah di Lampung yang dilihat berdasarkan sedikitnya nilai PDRB. Yang cukup mengejutkan ternyata Kota Metro menjadi salah satunya.

BACA JUGA:HUT Kemerdekaan RI, Lapas Metro Usulkan Remisi Umum untuk 504 Narapidana

Ada di peringkat keberapa Kota Metro?

Berikut daftar 5 daerah terendah di Lampung berdasarkan PDRB yang dikutip dari Buku Provinsi Lampung Dalam Angka 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: