Bendera Kirab Pemilu 2024 Tampak Usang, Begini Penjelasan Ketua KPU Lampung

Bendera Kirab Pemilu 2024 Tampak Usang, Begini Penjelasan Ketua KPU Lampung

Foto: Bendera Kirab Pemilu 2024 Tampak Usang, Begini Penjelasan Ketua KPU Lampung-(Albertus Yogi)-

RADARMETROEstafet bendera kirab Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 terus berlangsung. Kali ini giliran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Timur yang menerima bendera kirab dari KPU Lampung Tengah

Seremoni serah-terima bendera kirab Pemilu dilaksanakan di Gedung Pusiban Lampung Timur, Senin (14/8/2023).

Namun ada satu hal yang menarik perhatian para hadirin pada seremoni serah-terima bendera kirab tersebut. Yaitu kondisi bendera kirab Pemilu 2024 yang tampak usang dan kotor. 

Hal itu langsung direspons oleh Ketua KPU Provinsi Lampung, Erwan Bustami. Menurut dia, hal itu terjadi karena bendera kirab tersebut telah mengalami perjalanan panjang melalui beberapa provinsi. 

”Bendera (kirab) ini sudah menempuh perjalanan panjang, sejak dilepas di Provinsi Riau dan diterima di Provinsi Lampung, tepatnya di Kabupaten Mesuji Juli lalu.

Bendera kirab tidak boleh diganti hingga tanggal 4 September 2023, saat akan diserahkan kepada KPU RI,” terang Erwan Bustami di Lampung Timur. 

Erwan menyebutkan, kirab Pemilu 2024 ini adalah bagian dari salah satu upaya sosialisasi pemilu yang telah berlangsung selama 14 bulan. Yaitu menjelang pemilu yang diadakan dalam enam bulan ke depan. 

Mensosialisasikan bendera kirab kepada masyarakat sangat penting. Tujuannya untuk menyebarkan semangat pemilu di wilayah Lampung Timur yang mencapai tingkat partisipasi 76,66 persen,” kata Erwan lagi. 

BACA JUGA:BI Cheking Bermasalah? Pinjam di 5 Aplikasi Pinjol Legal Ini Bisa Tetap Cair!

Pada kesempatan itu, Ketua KPU Lampung Timur, Wasiyat Jarwo Asmoro menjelaskan, sosialisasi bendera kirab Pemilu 2024 akan dilakukan di 142 desa pada 24 kecamatan.  

Menurut Wasiyat, jumlah kecamatan dan desa yang dilewati bendera kirab memiliki makna simbolis

"Lebih dari 2.000 orang dari KPU, Bawaslu, partai politik, serta sekitar 4.000 orang lainnya, termasuk peserta pawai, terlibat dalam kegiatan ini," jelas Wasiyat. 

Sementara Ketua KPU Lampung Tengah Irawan Indrajaya menjelaskan, sebelumnya bendera kirab telah diterima dari KPU Way Kanan pada 7 Agustus 2023 lalu. 

Setelah bendera kirab diterima, Irawan menuturkan, KPU Lampung Tengah langsung melaksanakan berbagai kegiatan di berbagai titik hingga terakhir Minggu (13/8/2023).  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: