Piala AFF U-23 : Timnas Indonesia Tumbang Ditangan Malaysia

Piala AFF U-23 : Timnas Indonesia Tumbang Ditangan Malaysia

Foto: Pemain Malaysia Fergus Tierney mencetak brace ke gawang Timnas Indonesia U-23 dalam Piala AFF U-23-(Istimewa)-

RADARMETRO- Timnas Indonesia U-23 kalah 1-2 dari Malaysia pada pertandingan pembuka Grup B Piala AFF U-23 2023 di Stadion Rayong, Jumat (18/8/2023).

Di babak pertama, Indonesia U-23 lebih mendominasi penguasaan bola atas Malaysia. Gelombang serangan yang dilakukan Timnas Garuda berbuah gol pada menit ke-29.

Ramadhan Sananta sukses menjebol gawang Malaysia. Mendapat umpan panjang dari sisi kiri Striker yang bersinar di ajang Sea Games ini dengan mudah menceploskan bola ke gawang mski dihadang bek lawan. Keunggulan 1-0 bertahan sampai akhir babak pertama.

Memulai babak kedua, Malaysia melakukan perubahan taktik dengan memasukkan beberapa pemain, begitupun dengan Timnas Indonesia.

Namum pergantian pemain yang dilakukan pelatih Shin Tae Yong (STY) dilakukan secara terpaksa sebab Irfan Jauhari mengalami cedera lutut kanan dan digantikan Muhammad Ragil dimenit-menit awal babak kedua.

Setelah saling bertukar serangan, Malaysia U-23 akhirnya bisa menyamakan skor setelah wasit menghadiahi mereka penalti diberikan kepada pada menit ke-53 setelah Kadek Arel dianggap menjegal pemain Malaysia Fergus Tierney dari belakang. Skor 1-1.

BACA JUGA:Bayern Munchen Pecundangi Werder Bremen di Kandang, Bundesliga 2023/2024

Berhasil menyamakan kedudukan membuat Malaysia tampil lebih percaya diri, sebaliknya Timnas Indonesia tampak mengalami kesulitan menembus pertahanan tim berjuluk  Harimau Malaya itu.

Alih-alih mencetak gol dan kembali unggul, gawang Timnas Garuda justru kembali dirobek Malaysia dimenit ke-62. Fergus Tierney lagi-lagi mencatatkan namanya di papan skor setelah tendangan volinya memanfaatkan kemelut dikotak penalti Indonesia tak mampu ditepis kiper Ernando Ari.

Setelah tertinggal 1-2 permainan, skuad asuhan STY berupaya meningkatkan intensitas serangan namun usaha untuk mengalirkan bola ke lini pertahanan lawan selalu kandas, ditambah dengan stamina yang kedodoran semakin menyulitkan keadaan.

Sampai akhir menit ke-8 waktu tambahan Timnas Indonesia gagal menyamakan kedudukan dan harus mengakui keunggulan Malaysia.

Hasil negatif tersebut membuat kans Garuda Muda lolos ke semifinal cukup berat. Saat ini Timnas Indonesia berada didasar klasemen sementara Malaysia menjadi pemuncak Grup B.

Untuk bisa lolos, di atas kertas Indonesia kini berharap bisa menjadi runner up terbaik. Laga Grup B selanjutnya Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Timor Leste pada Minggu, 20 Agustus 2023.

Berikut Daftar Klasemen Grup B Piala AFF U-23 2023 serta susunan pemain pada laga kemarin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: