PSKK IAIN Metro Sebut Ada 52 Persen 'Suara' Pemuda di Pemilu 2024

PSKK IAIN Metro Sebut Ada 52 Persen 'Suara' Pemuda di Pemilu 2024

Foto: Pembina Pusat Studi Konstitusi dan Kepemiluan (PSKK) IAIN Metro Syarifuddin (kiri) dan Pembinaan Pembina Saka Adyasta Pemilu Provinsi Lampung Arif Suhaimi.-(MH Naim)-

RADARMETRO - Pusat Studi Konstitusi dan Kepemiluan (PSKK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro menyebut Pemilu 2024 di Provinsi Lampung akan didominasi oleh generasi muda. Diperkirakan dominasinya mencapai 52 persen dari total suara.

Hal itu disampaikan Pembina PSKK IAIN Metro Syarifuddin saat menjadi salah satu pembicara diskusi publik mingguan Kafe Pintar Pemilu Komunitas Umbul Teduh Kota Metro pada Rabu (23/8/2023) malam. 

Syarifuddin mengatakan angka dominasi pemuda dalam Pemilu berawal dari reset yang dilakukan pada tahun 2022 bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung.

"Bersama ketua bawaslu pada saat itu, Fatihatul Khoiriyah dan kemudian sudah dikonferensikan teptnya di Universitaas Islam Negeri Raden Intan Lampung," ujarnya.

Hasilnya, kata Syarifuddin, pemuda menjadi navigator kesuksesan pencalonan dalam Pemilu. Sehingga perlu penanganan tentang untuk pemuda agar terhindar dari politik uang.

"Penelitian politik uang yang mengenai anak-anak harus segera ditangani, bahwa bisa saja anak muda akan menolak. Adanya target pemilih muda, karena 52 persen adalah pemilih muda. Dengan angka tersebut pemilih muda benar benar menjadi navigator dalam pemilu hari ini tuturnya," ungkapnya.

BACA JUGA:Donald Trump Menyerahkan Diri ke Penjara, Kembali Bebas Dengan Jaminan Rp 3 M

Ia juga mengapresiasi gerakan Komunitas Umbul Teduh yang menggunakan kafe untuk menarik pemuda aktif dalam pesta demokrasi melalui diskusi yang digelar setiap minggunya.

Sebagai informasi, Saka Adyasta Pemilu digagas oleh Komunitas Umbul Teduh dan bekerja sama dengan Bawaslu Provinsi Lampung. Saka Adyasta Pemilu memiliki program unggulan yaitu diskusi mingguan menyoal Pemilu untuk meningkatkan daya kritis dan menstimulus keterlibatan masyarakat terhadap Pemilu.

Pembina Saka Adyasta Pemilu, Arif Suhaimi menuturkan untuk saat ini pihaknya mengawali program di Kota Metro. Untuk selanjutnya akan dikembangkan ke tiap-tiap kabupaten/kota di Provinsi Lampung.

Selain diadakannya diskusi publik, dalam kesempatan itu sekaligus penandatanganan MoU antara PSKK, Bawaslu dan KPU kota Metro untuk menghidupkan Kafe Pintar Pemilu Komunitas Umbul Teduh yang tepat berada di Jalan Soekarno Hatta, 16C Mulyojati, Kecamatan Metro Barat, Kota Metro, Lampung

Kegiatan malam itu dihadiri oleh Majelis Pembina Saka Adyasta Pemilu Provinsi Lampung Arif Suhaimi, Ketua Saka Adyasta Pemilu Provinsi Lampung Lutfi Hakim, Pembina PSKK IAIN Metro Syarifuddin, Komisioner KPU Kota Metro Toni Wijaya, Staf Bawaslu Kota Metro Riki Ardianto, dan Peneliti PSKK IAIN Metro Sri Furyani.

BACA JUGA:Warga Metro Mengeluh: Bukannya Cepat Diperbaiki, Jalanan Dirusak Lalu Ditinggal

Selain itu diskusi juga diramaikan oleh Asnid Koumunitas Umbul Teduh, organisasi Perempuan Tanah Air, serta warga dan Kader PMII Komisriat Jurai Siwo Metro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: